E-COMMERCE

Hadir di Malang, Kampus UMKM Shopee Siap Dukung Peningkatan Keterampilan Digital Jutaan UMKM Jatim

Kompas.com - 12/04/2022, 18:51 WIB

KOMPAS.com - Shopee dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) meresmikan Kampus UMKM Shopee Malang di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelatihan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Provinsi Jawa Timur, Selasa (4/12/2022). 

Sebagai informasi, Shopee mendirikan Kampus UMKM untuk mempermudah digitalisasi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Provinsi Jawa Timur, khususnya Kota Malang dan sekitarnya. Kampus yang baru saja diresmikan itu merupakan Kampus UMKM Shopee kedelapan di Indonesia.

Melalui peningkatan keterampilan digital, pelaku UMKM bisa memperluas jangkauan pemasaran produk ke seluruh Indonesia. Selain itu, hal ini juga dapat mendukung perkembangan ekonomi dan memperbesar peluang terciptanya lapangan pekerjaan di Jawa Timur.

Baca juga: Perkuat UMKM Tanah Air, Kampus UMKM Shopee di Kaltim Dibuka

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi komitmen Shopee dalam memberikan harapan baru untuk UMKM di Jawa Timur. Terlebih, saat ini tantangan utama dalam mengembangkan UMKM adalah masalah permodalan dan pemasaran.

Khofifah menambahkan, kehadiran Kampus UMKM Shopee membuat pelaku UMKM Jatim bisa mendapatkan harapan dan energi baru untuk bisa naik kelas. Pelaku UMKM dapat meningkatkan potensi bisnis dan meluaskan jejaring.

“Saya optimistis, akan ada lompatan kinerja bagi pelaku UMKM bila memiliki pemahaman untuk go online dan meningkatkan pemasaran. Apabila mereka mendapat penguatan melalui jejaring Kampus UMKM Shopee, peluang mereka untuk berkembang semakin terbuka,” tutur Khofifah dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (4/12/2022).

Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Handhika Jahja menegaskan, komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM berlaku bagi semua pihak, termasuk masyarakat umum dan pelaku UMKM di Jawa Timur.

Sejak Mei 2021, Shopee menghadirkan Kampus UMKM di berbagai kota. Hal ini dilakukan untuk membantu peningkatan keterampilan digital UMKM lokal agar lebih berdaya saing.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Handhika Jahja.DOK. Shopee. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Handhika Jahja.

Potensi besar dari pelaku UMKM, kata Handhika, mendorong Shopee untuk terus memberikan dukungan terhadap akses digitalisasi UMKM, termasuk di Jawa Timur.

Baca juga: Kembangkan Bisnis, Pedagang Asal Depok Pilih Gabung Kampus UMKM Shopee

"Dengan bangga, kami menghadirkan Kampus UMKM Shopee Malang sebagai solusi atas tantangan yang dihadapi para pelaku UMKM. Saya berharap, kehadiran Kampus UMKM Shopee Malang menjadi one-stop services untuk solusi jutaan UMKM lokal. Kampus ini juga dapat memperkuat ekosistem digital yang akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah,” tutur Handhika.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.