Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Produksi UMKM Gresik Diekspor ke Jepang dan Malaysia

Kompas.com - 12/04/2022, 21:30 WIB
Hamzah Arfah,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Beberapa hasil produksi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) warga Gresik, Jawa Timur, kembali diekspor ke luar negeri. Kali ini ada dua negara yang menjadi tujuan produk yang dihasilkan warga Gresik adalah Jepang dan Malaysia.

Adapun produk yang diekspor ke luar negeri dalam kesempatan kali ini meliputi, kerajinan rotan dari Koperasi Kriya Giri Sejahtera asal Desa Domas di Kecamatan Menganti, serta produk frozen food yang dihasilkan UD Family Food yang berada di Desa Tenaru di Kecamatan Driyorejo.

"Kabupaten Gresik sudah mengekspor beberapa komoditas UMKM. Ini tentu merupakan suatu motivasi tersendiri kepada pelaku UMKM Gresik yang lainnya untuk memberikan kualitas yang terbaik, sehingga hasil dari UMKM mereka nanti bisa diekspor ke negara lain," ujar Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, saat acara pelepasan ekspor di Desa Domas, Selasa (12/4/2022).

Baca juga: Dorong UMKM Naik Kelas, Luhut Ingin Bazar Diadakan 4 Kali Dalam Setahun

Menurut catatan Pemkab Gresik, agenda pelepasan ekspor produk UMKM ini merupakan yang ke-22, yang merupakan hasil kerja sama dari berbagai pihak. Pelepasan ekspor ini juga menjadi sebuah bentuk motivasi untuk pelaku UMKM yang lain, di samping sebagai momentum penting dalam upaya percepatan pemulihan ekonomi di Kabupaten Gresik pasca pandemi Covid-19.

Untuk itu, Aminatun mengajak semua elemen untuk bisa memberikan dorongan dan dukungan kepada pelaku UMKM yang ada di Gresik, baik berupa pembinaan maupun permodalan. Sehingga akan muncul UMKM-UMKM andalan Gresik, yang nantinya dapat menghasilkan produk berkualitas dan bisa menembus pasaran internasional.

"Kita tidak boleh berpuas diri dengan pencapaian kita saat ini, tetapi kita harus selalu meningkatkan kualitas produksi yang ada di Gresik, sehingga bisa mencapai kelas dunia," ucap Aminatun.

Sementara Kepala Seksi Kepabeanan dan Cukai V Gresik Eko Rudi Hartono, yang turut hadir dalam pelepasan ekspor menambahkan, kerajinan rotan asal Desa Domas ini nantinya akan dibeli dan sekaligus merupakan barang contoh sebagai gerbang awal pembelian yang lebih besar dari Jepang.

Baca juga: Kabar Gembira, BLT UMKM Rp 600.000 Bakal Dilanjutkan Tahun Ini

"Rencananya nanti di Bulan Mei, akan ada perwakilan dari Jepang untuk berkunjung di Koperasi Kriya Giri Sejahtera. Tujuannya adalah untuk melakukan quality control, dalam rangka pemenuhan kualitas yang diinginkan pasar Jepang," kata Eko.

Eko juga mengungkapkan, produk frozen food hasil produksi dari UD Family Food yang dikirim pada hari ini, juga merupakan produk awal untuk transaksi yang lebih besar pada agenda pengiriman berikutnya. Dari 40 ragam frozen food yang diproduksi, pembeli dari Malaysia menaruh minat pada 17 produk yang dihasilkan UD Family Food.

"Untuk Malaysia, rencananya nanti di akhir April akan datang, dalam rangka negoisasi untuk transaksi yang potensinya senilai Rp9 miliar dengan volume barang sebanyak 1 kontainer ukuran 20 feet," tutur Eko.

 Baca juga: Dorong Ultramikro dan UMKM Naik Kelas, BRI Perkuat Ekosistem Digital

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com