BPKP Nilai Tata Kelola Perusahaan Petrokimia Gresik Terus Meningkat

Kompas.com - 12/04/2022, 22:05 WIB

GRESIK, KOMPAS.com - Implementasi penerapan Good Corporate Governance (GCG) atau tata kelola perusahaan di Petrokimia Gresik selama tiga tahun terakhir terus mengalami peningkatan. Ini terlihat, dari hasil asessment yang dilakukan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo mengatakan, pihaknya baru saja selesai melaksanakan penilaian atas implementasi GCG tahun 2021. Hasil yang diraih Petrokimia Gresik pun sangat memuaskan, dengan skor yang diraih sebesar 94,06 alias sangat baik.

"Penerapan GCG dalam rangka memberikan layanan terbaik, merupakan pondasi bagi keberlanjutan perusahaan dalam menghadapi tantangan untuk mencapai kinerja excellent,” ujar Dwi Satriyo, seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (12/4/2022).

Baca juga: Petrokimia Gresik Perluas Kerja Sama Program Makmur dengan PTPN Grup di 5 Provinsi

Dwi Satriyo menjelaskan, satu dari enam aspek penilaian bahkan berhasil meraih skor sempurna yakni, terkait komitmen penerapan GCG secara berkelanjutan. Sementara aspek Pemegang Saham dan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), Dewan Komisaris, Direksi, Pengungkapan Informasi dan Transparansi, serta aspek lain masuk dalam kategori sangat baik.

Penerapan GCG di Petrokimia Gresik, telah dimulai sejak tahun 2004. Di mana setiap tahun dilakukan assesment, baik oleh eksternal maupun internal Pupuk Indonesia Grup. Agenda ini dilakukan bergantian setiap dua tahun sekali, untuk mengetahui sejauh mana kepatuhan perusahaan terhadap GCG.

Skor assesment GCG Petrokimia Gresik tahun 2019 mencapai 91,86 dan kemudian di tahun 2020 meningkat menjadi 93,53. Kemudian kembali meningkat pada tahun 2021, menjadi sebesar 94,06. Peningkatan ini dapat terwujud, berkat pemutakhiran perangkat GCG yang dilakukan, peningkatan proses tata kelola dalam penyusunan Key Performance Indicator (KPI) Direksi, serta pengelolaan GCG yang holistik hingga anak perusahaan.

Salah satu contoh konkret, di tahun 2021 Petrokimia Gresik berhasil mengantongi perpanjangan Sertifikat Implementasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) ISO 37001. Di mana penerapan SMAP ISO 37001 yang optimal, dikatakan Dwi Satriyo, dapat menumbuhkan budaya anti-penyuapan di lingkup Petrokimia Gresik, sehingga menciptakan keunggulan dibandingkan dengan kompetitor.

Baca juga: Amankan Distribusi Pupuk Subsidi, Petrokimia Gresik Gandeng Kejati

"Ini merupakan wujud komitmen perusahaan mengoptimalkan penerapan GCG, dalam menjalankan operasional dengan prinsip transparansi yang bersih dari praktik penyuapan," ucap Dwi Satriyo.

Sementara Koordinator Pengawas Bidang Akuntan Negara I BPKP Jawa Timur, Triyono menyampaikan, skor akhir yang diraih Petrokimia Gresik sangat tinggi. Ada peningkatan signifikan dibandingkan dengan assesment sebelumnya, yakni pada tahun 2019 yang juga dilakukan oleh BPKP Jawa Timur.

"Nilai setinggi ini harus dibarengi dengan komitmen tinggi BOD (Board of Directors) dan staf di Petrokimia Gresik, jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ke depan," kata Triyono.

Hasil assesment diharapkan dapat menjadi pelecut semangat seluruh insan Petrokimia Gresik, untuk terus meningkatkan kinerja dengan tetap menerapkan tata kelola perusahaan yang baik di segala bidang.

Baca juga: Petrokimia Gresik Harap Masyarakat Jeli, Kenali Ciri Pupuk Asli dan Palsu

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.