Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soroti Pemberdayaan Perempuan, Ini 3 Isu Prioritas di G20 Empower 2022

Kompas.com - 13/04/2022, 06:00 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Komitmen untuk memastikan terpenuhinya indikator dalam mendukung pemberdayaan perempuan di sektor swasta dan publik, menjadi agenda utama dari Group of Twenty (G20) Empower Presidensi Indonesia 2022.

G20 Empower merupakan satu-satunya inisiatif di dalam kepresidenan G20 yang mengusung aliansi pemimpin sektor swasta dan pemerintah, untuk bersama-sama mengadvokasi dan mendukung kemajuan perempuan dalam posisi kepemimpinan di sektor swasta dan publik.

Chairwoman G20 Empower Yessie D. Yosetya membeberkan ada beberapa isu perempuan yang dibawa ke dalam G20 Empower 2022.

Baca juga: Maruf Amin: Porsi Ekspor UMKM RI Tertinggal Jauh dari Singapura dan China

Isu pertama yaitu meningkatkan akuntabilitas perusahaan dalam pencapaian key performance indicator (KPI) untuk meningkatkan peran perempuan.

"Kenapa kita musti memperhatikan sektor ini karena, pada presidensi yang lalu, pada saat G20 empower di bawah Itali, itu sudah membuat fondasi terkait dengan KPI perusahaan," ujarnya dalam diskusi daring bertema Perempuan Berdaya, Bangsa Berjaya yang digelar Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) belum lama ini.

Yessie mengatakan dengan adanya KPI dalam forum G20 Empower, masing-masing korporasi yang terlibat akan diminta untuk melihat langkah apa yang telah dilakukan untuk memastikan kepemimpinan perempuan.

Hal itu dapat dilihat dari adanya pemimpin perempuan dalam proporsi tertentu, keberadaan tenaga kerja perempuan dan isu kesenjangan upah antara perempuan dan laki-laki.

"Di presidensi Indonesia ini, Indonesia akan memonitor, jadi salah satu output G20 Empower Indonesia adalah kita sudah memiliki dashboard untuk melihat kemajuan masing-masing negara anggota G20 terkait isu ini. Jadi mereka sudah sampai di mana terkait dengan KPI yang sudah kita janjikan bersama," ujarnya.

Baca juga: Benarkah Ibadah Haji dan Umrah Kini Dikenai PPN 11 Persen?

Selain itu, isu prioritas lain yang juga akan dibawa adalah terkait peningkatan kontribusi swasta dalam peningkatan UMKM.

Menurutnya, selama G20 Empower berdiri, masalah seputar UMKM belum disorot dan yang difokuskan baru di privat sector saja. Sehingga diharapkan, Presidensi G20 Indonesia akan fokus menyoroti bagaimana private sector atau sektor swasta berkontribusi meningkatkan UMKM.

Sementara isu prioritas ketiga yang akan disorot Indonesia di G20 Empower yaitu memastikan adanya digital skill.

Dia menyakini bahwa pemimpin perempuan masa depan mungkin akan punya skil-skill yang sangat berbeda dari yang mereka punya per hari ini.

"Jadi itu yang harus kita dorong, kita dorong digital skill perempuan yang tentunya skill mereka berbeda setiap masa bahkan hari ini pun," pungkasnya.

Baca juga: Maudy Ayunda Sebut 3 Isu Prioritas G20 Relevan dengan Generasi Milenial

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com