BNI Sekuritas Catatkan Laba Bersih Rp 61,29 Miliar Sepanjang 2021

Kompas.com - 13/04/2022, 08:30 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – PT BNI Sekuritas (BNIS) membukukan laba bersih konsolidasi yang tumbuh 68 persen di tahun 2021, menjadi Rp 61,29 miliar dibanding tahun 2020 sebesar Rp 36,4 miliar. Perseroan juga mencatakan laba operasional sebesar Rp 66,73 miliar, naik 169,15 persen dari periode sama pada tahun sebelumnya Rp 24,79 miliar.

Sementara itu, pendapatan usaha sepanjang tahun 2021 sebesar Rp 440,11 miliar atau meningkat 39 persen dibandingkan tahun 2020 sebesar Rp 316,17 miliar. Menapaki usia 27 tahun, BNIS juga mencatatkan kenaikaikan volume perdagangan surat utang sebesar 119 persen, penggunaan layanan online trading juga naik 29 persen, dan nilai transaksi saham meningkat 40 persen menjadi Rp 35,7 triliun.

Menurut Direktur Utama BNI Sekuritas Agung Prabowo, pencapaian ini merupakan komitmen BNI Sekuritas untuk terus meningkatkan kinerja bisnisnya meskipun pandemi Covid-19 melanda perekonomian Tanah Air lebih dari setahun lamanya.

Baca juga: BEI Yakin IPO GoTo Bikin Perusahaan Teknologi Makin Minat Melantai di Bursa

Dia bilang, kemampuan kolaborasi dan digitalisasi juga menyebabkan kinerja BNI Sekuritas dapat selalu tumbuh. BNI Sekuritas juga proaktif mengejar bisnis dan agresive dalam memenangkan persaingan sehingga dapat keluar sebagai pemenang, bukan saja di tataran nasional namun juga mampu bersaing di tataran regional.

“Kami sangat bersyukur, dimana perusahaan mampu meningkatkan kinerja pada tahun 2021 jauh lebih tinggi dibanding pencapaian pada tahun 2020 dan melampaui sebagian besar target yang diberikan pemegang saham,” kata Agung dalam siaran pers, Selasa (12/4/2022).

Agung menyampaikan, peningkatkan kinerja perusahaan tidak dapat dilepaskan dari kondisi pasar yang kembali bergairah dan BNI Sekuritas berhasil memanfaatkan hal tersebut untuk meningkatkan aktivitas bisnis di semua segmen usahanya.

BNI Sekuritas mengalami peningkatan jumlah investor ritel mencapai hingga 40 persen di tahun lalu dan hal itu memberikan dampak positif bagi kinerja perusahaan secara keseluruhan. Perusahaan juga mampu mencatat total nilai transaksi dalam obligasi pemerintah dan korporasi mencapai Rp 174,76 triliun di tahun 2021.

Baca juga: Kartu Prakerja Gelombang 26 Ditutup, Ini Cara Cek Hasil Seleksinya

Pencapaian ini meningkat 38,32 persen dibandingkan tahun 2020. Di samping itu, BNI Sekuritas saat ini memiliki market share pada bisnis equity brokerage hingga 1,9 persen dari seluruh transaksi di Bursa Efek Indonesia atau tumbuh 40,2 persen dibandingkan periode sama pada tahun 2020.

Sejalan dengan tema HUT Ke-27, salah satu pencapaian yang menjadikan BNI Sekuritas telah mulai merambah ke pasar Internasional adalah telah didirikan BNI Securities Pte. Ltd (BSPL), di Singapura yang resmi beroperasi sejak 8 September 2021 lalu.

BSPL didirikan untuk menjembatani emiten Indonesia yang ingin merambah pasar global melalui penerbitan Obligasi Non-Rupiah atau global bond. Pendirian BSPL juga akan membantu nasabah PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), pemegang saham pengendali BNI Sekuritas, untuk masuk ke pasar modal internasional dan menjaring investor global.

Baca juga: IHSG Diprediksi Melemah, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.