Ada Perang Rusia-Ukraina, Sri Mulyani Optimistis Ekonomi Kuartal I Tumbuh hingga 5,2 Persen

Kompas.com - 13/04/2022, 11:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati percaya diri pertumbuhan ekonomi Indonesia tembus 4,5-5,2 persen sepanjang kuartal I 2022.

Keyakinan tetap ada meskipun terjadi eskalasi perang antara Rusia dengan Ukraina yang melemahkan pertumbuhan ekonomi global dan meningkatnya harga komoditas, di tengah rantai pasok global yang sudah terkendala saat pandemi Covid-19.

"Untuk tahun 2022 kami di Kementerian Keuangan, kami akan terus melihat indikator bulan Maret. Dan (proyeksi) kami tetap di kisaran 4,5-5,2 persen untuk kuartal I," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) secara virtual di Jakarta, Rabu (13/4/2022).

Baca juga: Prabowo Temui Sri Mulyani, Ini yang Dibahas

Sri Mulyani meyakini pemulihan ekonomi Indonesia tetap terjaga, terutama ditopang dengan meredanya dan penanganan Covid-19 yang membaik diikuti pembatasan kegiatan masyarakat yang makin longgar.

Dia pede, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan tetap kuat yang didukung oleh kegiatan konsumsi masyarakat atau rumah tangga, kegiatan investasi, serta dukungan belanja pemerintah.

"(Pertumbuhan ekonomi) untuk keseluruhan tahun tetap 4,8 persen-5,5 persen. Jadi (proyeksi kami) tetap pada kisaran 4,5-5,2 persen di kuartal I, mid-nya di 5 persen," ucap dia.

Lebih lanjut dia menjelaskan, tetap tingginya pertumbuhan ekonomi terjadi di tengah revisi outlook oleh lembaga internasional, seperti OECD, IMF, dan Bank Dunia (World Bank).

Tercatat, OECD menurunkan outlook pertumbuhan ekonomi global dari 4,5 persen menjadi 3,5 persen pada tahun 2022.

Baca juga: Sri Mulyani: Dulu Tantangan Masyarakat adalah Pandemi, Sekarang Kenaikan Harga Pangan

Adapun Bank Dunia menyampaikan, revisi outlook pertumbuhan ekonomi untuk wilayah Asia Timur dan Pasifik dari 5,4 persen menjadi sekitar 4-5 persen.

"Jadi terjadi penurunan cukup material sebesar 1,4 persen hingga 0,4 persen. Sementara untuk Indonesia, Bank Dunia memproyeksi ekonomi Indonesia tumbuh 5,1 persen (tahun 2022)," ucap Sri Mulyani.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.