Kuota Mudik Gratis Kemenhub DItambah, Tujuan Mudik Hingga Jawa Timur

Kompas.com - 13/04/2022, 19:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menambah kuota mudik gratis menjadi 21.000 orang dari semula hanya 10.500 orang.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, armada yang akan mengangkut penumpang akan ditambah 350 unit bus dan 35 unit truk untuk mengangkut sepeda motor pemudik.

Dengan demikian, total armada yang akan digunakan untuk mudik gratis Kemenhub 2022 sebanyak 700 unit bus dan 70 unit truk.

Baca juga: Antisipasi Mudik Lebaran, Menhub Memberikan Perhatian Khusus pada 2 Hal Ini

Dengan penambahan angkutan kendaraan menjadi 70 unit truk tersebut, Kemenhub akan mengangkut sekitar 2.000 unit motor.

"Mudik gratis kami ada perubahan sebagaimana arahan dari Pak Menteri Perhubungan. Jadi kami menambah lagi kuota dari semula kita akan menyiapkan kendaraan truk sekitar 350, kita akan menyiapkan kendaraan sekitar 700," ujarnya saat penandatanganan SKB terkait Pengaturan Lalu Lintas selama Angkutan Lebaran Tahun 2022, Rabu (13/4/2022).

Tujuan keberangkatan mudik gratis Kemenhub 2022 pun turut bertambah, mulanya hanya mencakup wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta, kini bertambah menjadi ke wilayah Jawa Timur.

Tujuan mudik gratis Kemenhub sebelumnya hanya ke Tegal, Semarang, Demak, Kudus, Boyolali, Solo, Klaten, Wonogiri, Wonosari, Yogyakarta, Magelang, Wonosobo, Kebumen, dan Purwokerto.

Kini bertambah ke Cilacap, Cirebon, Garut, Tasikmalaya, Ngawi, Pati, Jepara, Pemalang, dan Slawi.

"Sekitar 21.000 masyarakat dari jabotabek akan kita bawa ke tujuan-tujuan dari Jakarta ke arah Jawa Barat dan Jawa Tengah sehingga tujuannya nnati ada tambahan lagi Jawa Timur," jelasnya.

Untuk tanggal keberangkatan mudik gratis Kemenhub 2022 masih tetap sama, yaitu 27, 28, dan 29 April mendatang.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.