Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Specialty Coffee di Boston, Kopi Unggulan Indonesia Raup Potensi Transaksi sebesar Rp 283 Miliar

Kompas.com - 13/04/2022, 20:00 WIB
Elsa Catriana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada pameran kopi terbesar di Amerika Serikat, yaitu Specialty Coffee Expo (SCE) 2022 yang diselenggarakan di Boston, kopi Indonesia berhasil meraup potensi transaksi sebesar 19,5 juta dollar AS atau sebesar Rp 283 miliar.

"Ini membuktikan bahwa Kementerian Koperasi dan UKM telah berhasil memfasilitasi UKM Indonesia yang bergerak pada usaha kopi untuk menembus dan memperluas akses pasarnya ke Amerika Serikat. Ini juga membuktikan produk specialty coffee Indonesia mampu bersaing dan diminati konsumen, khususnya pasar Amerika Serikat," kata Kepala Biro Hukum dan Kerjasama Kementerian Koperasi dan UKM Henra Saragih dalam keterangan resminya, Rabu (13/4/2022).

Baca juga: Menko Airlangga Minta Pengusaha Berani Promosi Kopi RI ke Luar Negeri

Pameran yang diselenggarakan pada 8-10 April 2022 itu menampilkan produk specialty coffee dari berbagai negara di dunia saling berkompetisi menarik perhatian pengunjung.

Produk specialty coffee asal Indonesia berhasil mendapatkan apresiasi para pecinta kopi dunia.

"Melalui keikutsertaan Indonesia dalam SCE 2022 ini diharapkan ekspor produk kopi Indonesia ke AS semakin meningkat,” ujar Henra.

Baca juga: 5 Kopi Termahal di Dunia, Ada yang Berasal dari Indonesia

Adapun produk kopi yang dipamerkan dan mendapatkan permintaan tertinggi merupakan kopi terbaik yang berasal dari Jawa Barat, Gayo, Mandailing, luwak, Toraja, dan Bali.

Pada ajang ini, Indonesia mempromosikan kopi melalui coffee taster dan penjajakan business matching dengan potensial buyer.

Salah satu penjual kopi Indonesia Caldera Coffee mendapatkan potensial buyer dari Argentina dengan nilai potensial transaksi mencapai Rp 157 miliar untuk produk kopi Toraja, Bali, Mandailing, Jawa dan luwak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com