Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Mengatur Gaji Pertama untuk Fresh Graduate

Kompas.com - 14/04/2022, 05:36 WIB
Siti Maghfirah,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah melamar kerja di banyak tempat, akhirnya kamu berhasil lolos menjadi karyawan di kantor impianmu. Bekerja siang malam dengan semangat sampai tibalah waktu pencairan gaji pertamamu. Rasa haru, bahagia, dan bangga pada diri sendiri bercampur aduk menjadi satu.

Mampu mendapatkan uang hasil keringat sendiri untuk pertama kalinya memang suatu momen yang sangat menyenangkan. Berbagai rencana muncul di pikiran tentang apa yang harus kamu lakukan dengan uang tersebut.

Tak jarang, muncul keinginan untuk membeli barang-barang yang dulu belum bisa kamu beli atau sungkan untuk meminta pada orang tua.

Nah, di sinilah kemampuan untuk mengendalikan dirimu sedang diuji. Setelah bisa memiliki penghasilan sendiri, artinya kamu juga harus sadar tentang manajemen keuangan agar gaji pertamamu tidak lewat begitu saja.

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Rp 3 Juta

Momen gaji pertama merupakan waktu yang tepat untuk membentuk kebiasaan baik dalam mengatur keuanganmu di kemudian hari.

Berikut 5 tips mengatur gaji pertama untuk fresh graduate, dilansir dari berbagai sumber:

1. Menyusun anggaran bulanan

Sebelum kamu mulai menggunakan uangnya, lebih baik kamu susun dulu anggaran bulanan secara detail. Kamu bisa mulai mengklasifikasikan setiap kebutuhan, misalnya untuk uang makan sehari-hari, uang transportasi, tabungan, sampai pengeluaran saat ingin hangout atau membeli barang.

Sebaiknya, kamu utamakan dulu kebutuhan primer seperti biaya makan dan transportasi. Serta, tentukan berapa persen dari gajimu yang ingin kamu alokasikan untuk tabungan. Setelah itu, baru kamu bisa menyisihkan sebagian gajimu untuk hal-hal konsumtif.

2. Mencatat pengeluaran

Meskipun sudah melakukan budgeting di awal, terkadang ada saja biaya-biaya yang tidak terduga yang membuat keuangan menipis. Maka dari itu, selalu catat pengeluaran setiap harinya agar kamu tahu uangnya lari ke mana saja.

Apabila ternyata uangmu habis di keperluan-keperluan tertentu, kamu bisa memutuskan untuk menekan budget pada kebutuhan yang lain sehingga gaji tetap cukup sampai akhir bulan.

3. Belajar Literasi Keuangan

Dengan belajar literasi keuangan, kamu akan lebih mudah dalam mengelola keuangan serta menyesuaikannya dengan gaya hidup. Saat ini sudah banyak informasi-informasi tentang manajemen keuangan yang tersedia di buku, internet, maupun sosial media.

Beberapa pakar finansial juga dengan gratis membagikan ilmu dan strategi mereka di sosial media, yang bisa kamu pelajari dengan mudah. Tak ada salahnya meluangkan sedikit waktumu untuk memahami ilmu finansial yang akan berguna untuk masa depan.

Baca juga: Trik Jago Atur Keuangan biar Gaji Enggak Sekadar Numpang Lewat

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com