Utang Luar Negeri Indonesia Kembali Turun, Ini Jumlahnya Per Februari 2022

Kompas.com - 14/04/2022, 11:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) mencatat, utang luar negeri (ULN) Indonesia mengalami penurunan pada Februrari 2022, setelah pada bulan sebelumnya juga mengalami penurunan.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, posisi ULN Indonesia pada Februari kemarin tercatat sebesar 416,3 miliar dollar AS, turun 1,5 persen secara tahunan (year on year/yoy), melanjutkan kontraksi pada Januari sebesar 1,6 persen secara yoy.

"Utang luar negeri Indonesia pada Februari 2022 tetap terkendali," kata dia, dalam keterangannya, Kamis (14/4/2022).

Baca juga: Tak Ingin RI Gagal Bayar Utang seperti Sri Lanka, Sri Mulyani: Kita Akan Jaga...

Adapun penurunan ULN Indonesia disebabkan oleh kontraksi ULN sektor publik yang terdiri dari pemerintah dan bank sentral, serta ULN sektor swasta.

Tercatat posisi ULN pemerintah sampai dengan akhir Februari 2022 sebesar 201,1 miliar dollar AS, turun 3,9 persen secara yoy, melanjutkan kontraksi bulan sebelumnya sebesar 5,4 persen yoy.

Perkembangan itu disebabkan oleh penarikan neto pinjaman luar negeri yang digunakan untuk mendukung pembiayaan program dan proyek.

Pada saat bersamaan, kepercayaan pelaku pasar global yang tetap terjaga mendorong investor asing kembali menempatkan investasi portofolio di pasar Surat Berharga Negara (SBN) domestik.

Erwin bilang, penarikan ULN pada Februari 2022 masih diutamakan untuk mendukung belanja prioritas Pemerintah, termasuk upaya penanganan Covid-19 dan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

"Posisi ULN Pemerintah relatif aman dan terkendali mengingat hampir seluruh ULN memiliki tenor jangka panjang dengan pangsa mencapai 99,8 persen dari total ULN Pemerintah," ujar Erwin.

Sementara itu, ULN sektor swasta mengalami kontraksi sebesar 2 persen pada Februari kemarin, menjadi 206,3 miliar dollar AS.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.