Sri Mulyani Siapkan Rp 30 Triliun untuk Pembangunan IKN Nusantara Tahun Depan

Kompas.com - 14/04/2022, 21:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan mengalokasikan pagu indikatif anggaran belanja pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2023, untuk pembangunan ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur.

Menteri keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, alokasi anggaran yang akan dikeluarkan tahun depan sebesar Rp 27 triliun sampai Rp 30 triliun.

“Tahun depan sudah mencadangkan untuk belanja pembangunan ibu kota negara baru, yaitu antara Rp 27 triliun sampai Rp 30 triliun,” tutur Menteri Keuangan Sri Mulyani indrawati konferensi pers, Kamis (14/4/2022).

Baca juga: Ikatan Pedagang Pasar: Kenaikan Harga Pangan Hampir Tidak Terkendali

Dia mengatakan, anggaran IKN akan digunakan untuk membangun infrastruktur dasar, seperti akses jalan, dan juga untuk membangun gedung pemerintahan Kementerian Perhubungan.

Selain itu, dana ini juga akan digunakan untuk membangun berbagai simpul konektivitas di sepanjang jalan ibu kota baru Kalimantan Timur, dan juga untuk membangun sarana prasarana pendidikan.

“Begitu juga untuk sarana prasarana di bidang kesehatan, ketahanan, dan keamanan,” jelasnya. (Reporter: Siti Masitoh | Editor: Tendi Mahadi)

Baca juga: Syarat dan Cara Daftar Haji Reguler Lengkap dengan Biayanya

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Pemerintah Alokasikan Rp 30 Triliun dari APBN 2023 untuk Pembangunan IKN

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.