ASDP Terapkan Transaksi Nontunai di Pelabuhan Bajoe dan Kolaka

Kompas.com - 15/04/2022, 21:03 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menerapkan pembayaran tiket penyeberangan secara nontunai di Pelabuhan Bajoe, Sulawesi Selatan, dan Pelabuhan Kolaka di Sulawesi Tenggara.

Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin mengatakan bahwa para pengguna jasa dapat memanfaatkan kanal pembayaran nontunai, baik melalui virtual account, kartu prepaid, maupun layanan dompet elektronik.

"Kami akan terus mengakselerasi dan memperluas program cashless ini ke seluruh cabang. Tahun ini, targetnya 17 pelabuhan," ujar Shelvy dalam siaran pers, Jakarta, Jumat (15/4/2022).

"Dengan implementasi di Pelabuhan Bajoe dan Kolaka, maka sudah terealisasi 6 pelabuhan atau sudah mencapai 40 persen dari target tahun ini," sambungnya.

Baca juga: Menaker Yakin Pengusaha Bayar THR secara Penuh, Ini Alasannya

Beberapa pelabuhan yang ditargetkan sudah menerapkan pembayaran cashless antara lain Pelabuhan Bira dan Pamatata (Selayar), Pelabuhan Jepara dan Karimunjawa (Jepara), Pelabuhan Batulicin dan Tanjung Serdang (Batulicin), dan Pelabuhan Mamuju (Balikpapan).

Dalam 3 tahun terakhir, kata Shelvy, masyarakat semakin melek dengan perubahan dan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi.

Oleh karena itu, kata dia, ASDP fokus dalam digitalisasi bisnis sebagai wujud komitmen mengubah wajah penyeberangan menjadi lebih modern.

"Setelah kemarin di Pelabuhan Batulicin, Kalimantan Selatan sekarang lanjut di Bajoe dan Kolaka. Dalam waktu dekat kami juga akan go live di Jepara, Jawa Tengah," kata Shelvy lagi.

Adapun metode pembayaran nontunai yang diterapkan ASDP terdiri dari payment link melalui opsi layanan Virtual Account, lalu kartu uang elektronik dari BRI, Mandiri, BNI dan BCA, serta layanan Dompet Elektronik dari OVO, ShopeePay, LinkAja, dan Dana.

Baca juga: Pertalite hingga Elpiji 3 Kg Bakal Naik, Pengamat UGM: Pemerintah Harusnya Memihak Wong Cilik

Berikut ini langkah-langkah bagi pengguna jasa yang memilih opsi pembayaran payment link melalui Virtual Account dari Bank BRI, BNI, Mandiri, BCA, CIMB Niaga, Maybank, Permata, Danamon, dan Maspion:

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.