Jelang Lebaran, Ini Cara dan Syarat Tukar Uang Baru di Layanan Kas Keliling

Kompas.com - 17/04/2022, 06:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Penukaran uang baru menjadi salah satu layanan yang marak dicari masyarakat jelang Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran setiap tahunnya. Pasalnya, masyarakat membutuhkan uang baru untuk dibagikan sebagai THR Lebaran.

Adapun pada tahun ini, Bank Indonesia (BI) kembali membuka layanan penukaran uang rupiah baru atau layanan Kas Keliling selama Ramadhan. Layanan ini kembali dibuka setelah dua tahun ditutup akibat pandemi Covid-19.

Layanan ini sebenarnya sudah dibuka sejak 4 April 2022. Rencananya, bank sentral akan mengoperasikan layanan Kas Keliling hingga 29 April 2022.

Selain itu, BI juga memperluas layanan penukaran uang tersebut, dengan menambah jumlah titik penukaran. Ini merupakan respons bank sentral karena adanya potensi kenaikkan kebutuhan uang tunai di kalangan masyarakat.

Baca juga: Besaran Tukin Pejabat dan PNS Kemenparekraf, Sandiaga Uno Dapat Rp 49,8 Per Bulan

Layanan penukaran uang akan dilaksanakan di 5.013 titik penukaran atau naik 8 persen dari tahun lalu, di mana titik penukaran meliputi 453 titik penukaran di wilayah Jabodebek, dan 4.560 di luar wilayah Jabodebek.

Pada layanan Kas Keliling kali ini, masyarakat tidak bisa langsung datang mengunjungi titik penukaran. Masyarakat harus terlebih dahulu melakukan pemesanan penukaran melalui aplikasi atau situs PINTAR.

Hal itu dilakukan agar layanan penukaran uang di Kas Keliling dapat beroperasi dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan. Harapannya, dengan sistem pemesanan secara online, kerumunan masyarakat dapat dicegah.

Baca juga: Waspada, Ini Daftar 105 Pinjaman Online Ilegal yang Diblokir OJK

Cara Tukar Uang Baru

Adapun cara melakukan penukaran uang di layanan Kas Keliling melalui aplikasi PINTAR adalah sebagai berikut:

- Buka aplikasi PINTAR. Pada halaman utama PINTAR, pilih menu kas keliling.

- Selanjutnya pilih provinsi lokasi penukaran uang rupiah melalui kas keliling yang diinginkan. Aplikasi PINTAR selanjutnya menampilkan daftar lokasi dan tanggal kas keliling yang tersedia yang dapat dipilih.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.