Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Digital Marketing: Definisi, Jenis, Kelebihan, dan Contohnya

Kompas.com - 17/04/2022, 06:58 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Digital marketing kini semakin jadi favorit dalam beriklan. Digital marketing adalah suatu strategi pemasaran menggunakan media digital dan internet. Apa itu digital marketing?

Sama halnya dengan jenis iklan lainnya, konsep digital marketing adalah untuk mendongkrak penjualan produk dari suatu brand dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

Digital marketing adalah metode pemasaran yang kini diutamakan banyak perusahaan maupun organisasi seiring kemutakhiran teknologi. Strategi bisnis pun tak lagi konvensional seperti beriklan di media cetak maupun pemasangan reklame.

Keunggulan jasa digital marketing dibandingkan metode pemasaran konvensional yakni pemasaran barang atau jasa yang ditargetkan, terukur, dan interaktif.

Baca juga: Apa Itu Afiliasi: Pengertian, Contoh, Ciri, dan Untungnya dalam Bisnis

Digital marketing adalah pemasaran via digital

Dikutip dari Investopedia, istilah digital marketing adalah mengacu pada penggunaan saluran digital untuk memasarkan produk dan layanan untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.

Jenis pemasaran ini melibatkan penggunaan situs web, perangkat seluler, media sosial, mesin pencari, dan saluran serupa lainnya. Pemasaran digital menjadi populer dengan munculnya internet pada 1990-an.

Digital marketing melibatkan beberapa prinsip yang sama dengan pemasaran konvensional dan sering dianggap sebagai cara baru bagi perusahaan untuk mendekati konsumen dan memahami perilaku mereka.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kerapkali perusahaan sering menggabungkan teknik pemasaran konvensional dan digital dalam strategi mereka.

Baca juga: Apa Itu Insentif: Pengertian, Jenis, Tujuan Pemberian, dan Contohnya

Kelebihan jasa digital marketing

Banyaknya jasa digital marketing yang dipakai oleh perusahaan-perusahaan, membuktikan bahwa metode ini memiliki banyak kelebihan dan manfaat yang dapat diperoleh.

Jika dibandingkan dengan pemasaran tradisional, digital marketing memiliki kelebihan di sektor jangkauan dan teknologi artificial intelligence yang dapat mempelajari perilaku calon pelanggan di dunia maya.

Beberapa kelebihan digital marketing adalah sebagai berikut:

1. Lebih murah

Umumnya kelebihan digital marketing adalah biayanya yang notabene lebih murah daripada teknik pemasaran konvensional. Meski terkadang bisa saja digital marketing bisa lebih mahal, terutama pada awal proses branding.

Selain itu dengan digital marketing, pembiayaan bisa menyesuaikan target dari iklan yang diinginkan. Dengan kata lain iklan menyasar secara lebih spesifik kepada calon konsumen potensial.

2. Branding cepat dan luas

Kelebihan digital marketing adalah proses branding jauh lebih mudah dan cepat. Salah satu kelemahan terbesar pemasaran konvensional adalah jangkauan promosinya yang sangat terbatas.

Dalam strategi konvensional, perusahaan perlu mengeluarkan uang lebih banyak jika ingin melakukan branding ke lebih banyak konsumen.

3. Lebih mudah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com