Digital Marketing: Definisi, Jenis, Kelebihan, dan Contohnya

Kompas.com - 17/04/2022, 06:58 WIB

KOMPAS.com - Digital marketing kini semakin jadi favorit dalam beriklan. Digital marketing adalah suatu strategi pemasaran menggunakan media digital dan internet. Apa itu digital marketing?

Sama halnya dengan jenis iklan lainnya, konsep digital marketing adalah untuk mendongkrak penjualan produk dari suatu brand dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

Digital marketing adalah metode pemasaran yang kini diutamakan banyak perusahaan maupun organisasi seiring kemutakhiran teknologi. Strategi bisnis pun tak lagi konvensional seperti beriklan di media cetak maupun pemasangan reklame.

Keunggulan jasa digital marketing dibandingkan metode pemasaran konvensional yakni pemasaran barang atau jasa yang ditargetkan, terukur, dan interaktif.

Baca juga: Apa Itu Afiliasi: Pengertian, Contoh, Ciri, dan Untungnya dalam Bisnis

Digital marketing adalah pemasaran via digital

Dikutip dari Investopedia, istilah digital marketing adalah mengacu pada penggunaan saluran digital untuk memasarkan produk dan layanan untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.

Jenis pemasaran ini melibatkan penggunaan situs web, perangkat seluler, media sosial, mesin pencari, dan saluran serupa lainnya. Pemasaran digital menjadi populer dengan munculnya internet pada 1990-an.

Digital marketing melibatkan beberapa prinsip yang sama dengan pemasaran konvensional dan sering dianggap sebagai cara baru bagi perusahaan untuk mendekati konsumen dan memahami perilaku mereka.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kerapkali perusahaan sering menggabungkan teknik pemasaran konvensional dan digital dalam strategi mereka.

Baca juga: Apa Itu Insentif: Pengertian, Jenis, Tujuan Pemberian, dan Contohnya

Kelebihan jasa digital marketing

Banyaknya jasa digital marketing yang dipakai oleh perusahaan-perusahaan, membuktikan bahwa metode ini memiliki banyak kelebihan dan manfaat yang dapat diperoleh.

Jika dibandingkan dengan pemasaran tradisional, digital marketing memiliki kelebihan di sektor jangkauan dan teknologi artificial intelligence yang dapat mempelajari perilaku calon pelanggan di dunia maya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.