Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Lebaran, Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Rp 6,6 Triliun di Jawa Barat

Kompas.com - 17/04/2022, 16:00 WIB
Reni Susanti,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Bank Mandiri Region VI atau Jawa 1 menyiapkan uang tunai Rp 6,6 triliun untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai masyarakat di Jawa Barat (Jabar).

Nilai itu meliputi Rp 6,1 triliun untuk pengisian 1.207 ATM dan Rp 535 miliar uang baru untuk keperluan nasabah selama 33 hari ke depan, yaitu pada 7 April–9 Mei 2022 saat periode Ramadhan dan jelang Idul Fitri 1443 H.

"Dibandingkan periode yang sama tahun lalu, alokasi pengisian ATM itu naik sekitar 13 persen dan alokasi uang baru meningkat 23,8 persen," ujar Regional CEO Bank Mandiri wilayah Jawa Barat Wisnu Trihanggodo di Bandung, Minggu (17/4/2022).

Baca juga: Ini Jadwal Pencairan THR PNS dan TNI-Polri

Secara nasional, kebutuhan uang tunai yang disiapkan Bank Mandiri sekitar Rp 28,28 triliun untuk periode yang sama. Alokasi ini meningkat 25,6 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Wisnu menjelaskan, langkah ini merupakan antisipasi terhadap keputusan pemerintah yang mengizinkan berbagai kegiatan saat Ramadhan, termasuk mudik, dengan tetap mengacu pada protokol kesehatan.

Sebagian besar dari alokasi kebutuhan uang tunai digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengisian ATM Bank Mandiri di wilayah Jawa Barat yang diprediksi mencapai Rp 200 miliar per hari pada periode tersebut.

“Kami memperkirakan puncak net kebutuhan uang tunai akan terjadi pada dua pekan menjelang Lebaran yang bertepatan dengan periode pembayaran gaji, THR, dan penyediaan kas untuk pengisian ATM selama akhir pekan dan libur lebaran,” beber Wisnu.

Untuk mendukung penyaluran uang tunai ke masyarakat, Bank Mandiri juga mengoptimalisasi pengisian mesin ATM Bank Mandiri yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa atau Plus mulai pekan depan hingga saat libur Lebaran.

“Persiapan khusus tentu kami lakukan untuk mesin-mesin ATM yang berlokasi strategis seperti di rest area dan titik titik lainnya pada jalur mudik dan arus balik,” katanya.

Selama libur bersama Lebaran, pihaknya akan mengoperasikan sejumlah cabang secara bergilir di seluruh Indonesia untuk melayani setoran delivery order BBM atau non-BBM di SPBU-SPBU.

Baca juga: PLN Operasikan Kabel Listrik Bawah Laut Terpanjang di Indonesia

Adapun informasi lengkap tentang operasional cabang pada periode libur tersebut dapat diakses melalui link bmri.id/operasionalcabang, layanan Mandiri Call 14000, serta layanan informasi berbasis kecerdasan bernama Mandiri Intelligent Assistant (MITA) pada akun resmi WhatsApp Bank Mandiri di +62 811-84-14000.

Sedangkan untuk kebutuhan transaksional, masyarakat dapat memanfaatkan super app Livin’ by Mandiri.

“Salah satu fitur utama Livin’ adalah kemudahan untuk top up mandiri e-money yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia yang akan melakukan perjalanan melalui jalan tol,” imbuh Wisnu.

Ia menuturkan pihaknya juga akan memastikan kesiapan jaringan IT secara optimal untuk mengantisipasi kenaikan transaksi yang dilakukan nasabah pada channel pembayaran elektronik, seperti ATM, SMS Banking, Livin’ by Mandiri dan Mandiri Call 14000.

"Untuk memastikan tidak terjadi gangguan, dengan membentuk tim monitoring IT yang selalu siaga," pungkasnya.

Baca juga: Tidak Perlu Kartu Kredit, Ini Cara Bayar Netflix Pakai Gopay dan Dana

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com