Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lion Air Group Buka Suara soal Pelamar Kerja yang Membludak hingga Buat Kemacetan

Kompas.com - 17/04/2022, 18:00 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Proses rekrutmen Lion Air Group yang digelar pada Sabtu (16/4/2022) menjadi sorotan sejumlah netizen di media sosial. Pasalnya, ada video yang mempelihatkan situasi kegiatan rekrutmen Lion Air Group di wilayah Tangerang yang membludak, hingga menimbulkan kemacetan.

Menanggapi hal tersebut, Corporate Communications Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro mengatakan, Lion Air Group memang melakukan proses rekrutmen dengan metode walk in interview di kantor perusaahaan di Tangerang.

Ia mengakui, dalam proses rekrutmen tersebut terjadi kelebihan kapasitas pelamar. Awalnya grup maskapai swasta itu semula hanya menerima 200 kandidat pelamar, akan tetapi yang datang ke kantor Lion Air Group mencapai sekitar 1.500 orang.

Baca juga: Intip Daftar Tunjangan Kinerja Pejabat dan PNS Kemenhub

"Proses rekrutmen telah diatur sebagaimana ketentuan yang sudah dimiliki Lion Air Group, namun jumlah yang datang untuk melamar melalui proses walk in interview melebihi kapasitas," ujarnya, dalam keterangan tertulis, dikutip Minggu (17/4/2022).

Menanggapi hal tersebut, Lion Air Group memutuskan untuk mengubah alur rekrutmen, dari rencana awal terdapat sesi wawancara langsung, menjadi hanya penyerahan berkas calon pelamar.

Setelah mendapatkan penjelasan mengenai tahapan seleksi, Danang bilang, semua pelamar kerja diminta untuk meninggalkan lokasi.

"Hal ini merupakan keputusan Lion Air Group guna mengutamakan waktu tunggu (antrean) menjadi lebih cepat, sederhana dan mengimplementasikan strategi rekrutmen efektif dan tepat sesuai situasi yang bergerak dinamis dalam membantu seleksi calon tenaga kerja," tuturnya.

Baca juga: Kemenhub Tambah Kuota Mudik Gratis hingga 10.080 Orang, Cek Syarat dan Cara Daftarnya

Melihat tingginya minat masyarakat terhadap lowongan kerja perusahaan, Lion Air Group akan melakukan evaluasi kembali terkait proses perekrutan yang selama ini telah dilakukan.

Lebih lanjut Danang menyebutkan, Lion Air Group saat ini menjalankan seleksi administrasi, sebagai salah satu proses penting untuk menentukan kelayakan pelamar

"Lion Air Group mengucapkan terima kasih atas antusias dari pelamar kerja dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul," ucap dia.

Baca juga: Apakah Saham GoTo Bakal seperti Bukalapak? Ini Penjelasan Analis

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com