Kompas.com - 18/04/2022, 17:00 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Asuransi Jiwa Astra atau Astra Life berencana memperkuat lini bisnis Unit Syariah Astra Life, melalui produk-produk proteksi yang disiapkan untuk menjawab kebutuhan penduduk muslim nasional.

Presiden Direktur Astra Life Windawati Tjahjadi mengatakan, penguatan tersebut selaras dengan tingginya potensi bisnis asuransi syariah nasional saat ini.

Asal tahu saja, mengacu kepada data Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI), kontribusi bruto asuransi syariah tumbuh 41,32 persen (yoy) sampai kuartal III-2021.

"Kalau kita lihat proyeksi bisnis asuransi jiwa syariah ini kita melihat masyarakat Indonesia yang majority muslim akan menjadi potensi yang sangat besar," ujar Windawati, di Jakarta, dikutip Senin (18/4/2022).

Baca juga: Astra Life Bayar Klaim Rp 186 Miliar Sejak Awal Covid-19

Selain menyiapkan produk proteksi, Astra Life juga akan memperkuat lini distribusi melalui bank syariah yang terus mencatatkan pertumbuhan positif, guna meningkatkan kinerja bisnis syariah.

"Bank-bank syariah juga sudah mulai bertumbuh, sudah makin banyak, dan itu juga jadi potensi kita di Astra Life menggarap kerja sama produk-produk berbasis syariah," kata dia.

Baca juga: Premi Astra Life Tumbuh 78 Persen, Bancassurance Jadi Pendongkrak

Fokus spin off unit bisnis syariah

Terkait dengan ketentuan pemisahan unit bisnis syariah atau spin off, Windawati bilang, perusahaan telah menyampaikan rencananya ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Oleh karenanya, saat ini Astra Life juga fokus melakukan persiapan spin off bisnis Astra Life Syariah, agar dapat mengikuti ketentuan yang telah diatur.

"Kita akan mengikuti aturan pemerintah. memang kan rencana spin off kalau kita lihat aturannya harus terjadi di tahun 2024," ucap Windawati.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.