Tokopedia, Shopee, Lazada Hingga Blibli, Mana yang Paling Disukai Pelanggan Ketika Berbelanja Online?

Kompas.com - 18/04/2022, 19:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ipsos melalui surveinya memotret persepsi konsumen terhadap layanan pengiriman pada platform e-commerce di Indonesia.

Dalam survei ini ada beberapa indikator yang digunakan untuk menilai berbagai persepsi konsumen mulai dari layanan pengiriman yang mencakup durasi pengiriman dan variasi layanan pengiriman, serta kualitas produk.

Untuk durasi pengiriman, tercatat ada 52 persen responden yang mengakui Tokopedia sebagai e-commerce dengan layanan pengiriman tercepat.

Baca juga: Nilai Transaksi E-commerce RI Tembus Rp 30,8 Triliun Per Februari 2022

Kemudian disusul Shopee dengan persentase 45 persen, lalu Lazada 43 persen, OLX 40 persen, dan Bukalapak diurutan kelima sebesar 30 persen.

Kemudian untuk variasi layanan pengiriman, tercatat Tokopedia unggul dibandingkan e-commerce lainnya. Sebanyak 33 persen responden menilai Tokopedia menawarkan pilihan layanan pengiriman lebih banyak.

Lalu, posisi kedua ditempati oleh Shopee dengan persentase 28 persen, kemudian disusul Lazada 26 persen, di urutan keempat Blibli 25 persen dan kelima OLX 20 persen.

Selanjutnya untuk indikator fitur pelacak pengiriman atau orderan yang informatif, 29 persen responden menilai Tokopedia memiliki fitur pelacak pengiriman atau orderan yang informatif.

Pada urutan kedua, Shopee 18 persen, Lazada 16 persen, Bukalapak dan Blibli 11 persen.

“Layanan pengiriman merupakan hal yang krusial karena sangat berpengaruh terhadap pengalaman belanja dan tingkat kepuasan konsumen. Banyaknya pilihan jasa pengiriman yang disediakan akan memberikan kepuasan tertentu bagi konsumen. Terlebih lagi ketika layanan pengiriman tersebut baik, cepat, dan mudah dilacak. Dari hasil survei ini, dapat disimpulkan layanan pengiriman Tokopedia unggul dibandingkan merek e-commerce lainnya,” ujar Research Director Brand Health Tracking Ipsos in Indonesia Lioni Halim dalam siaran persnya, Senin (18/4/2022).

Baca juga: Pasar e-Commerce dan FMCG Meningkat, Bisnis Logistik Indonesia Ikut Terangkat

Lebih lanjut Lioni juga memaparkan untuk indikator kualitas produk.Kualitas produk tentu menjadi faktor penting dalam kepuasan konsumen.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.