Jalur Pantura Bebas "Contraflow" Mudik Lebaran, PUPR Buka Satu Jalur Beton di Duduksampeyan H-14

Kompas.com - 19/04/2022, 11:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membuka satu jalur perkerasan beton (rigid) di Duduksampeyan, Gresik, Jawa Timur agar tidak ada lagi contraflow pada jalur Pantura Jawa selama mudik Lebaran 2022.

Pasalnya, jalur Pantura Jawa merupakan salah satu jalur alternatif yang sering digunakan pemudik untuk pulang ke kampung halaman.

Sebelumnya, pada jalur Pantura Jawa diberlakukan contraflow karena ada pekerjaan konstruksi di ruas jalan Batas Kabupaten Lamongan-Batas Kota Gresik.

Baca juga: Antisipasi Macet Mudik Lebaran, Jasa Marga Akan Berlakukan One Way di Tol Japek

Kepala BBPJN Jawa Timur-Bali Kementerian PUPR Achmad Subki mengatakan, pembukaan perkerasan rigid Duduksampeyan ini lebih cepat dari target Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat peninjauan kesiapan jalur mudik beberapa waktu lalu.

"Jadi arahan Pak Menteri PUPR agar H-11 Lebaran 2022 jalan ini sudah bisa dibuka, tapi pada hari ini atau H-14 jalan ini sudah bisa dilalui kendaraan dan tidak ada contraflow saat Lebaran mendatang guna menghindari kemacetan," ujar Achmad melalui keterangan tertulis, Selasa (19/4/2022).

Baca juga: Jelang Mudik Lebaran, Pemerintah Siapkan Skema Contra Flow hingga Ganjil Genap

Pembukaan arus lalu lintas dilakukan pada satu jalur perkerasan rigid jalan Pantura Gresik-Lamongan, tepatnya pada Km 33+600 sampai dengan 35+172 dengan panjang sekitar 1,5 kilometer.

"Perkerasan rigid ini dapat dibuka lebih cepat berkat dukungan pimpinan BBPJN Jatim-Bali dan kerja sama tim yang kompak, khususnya PPK 4.5 Provinsi Jawa Timur," ungkap Subki.

Ia menjelaskan bahwa perkerasan rigid yang baru dibuka ini merupakan bagian dari Paket Preservasi Jalan Babat-Lamongan-Gresik MYC tahun anggaran 2021-2023.

"Dengan dibukanya jalan ini, berarti sudah ada sekitar 7 kilometer jalan yang beroperasi, yaitu pada KM 33+600 hingga 40+600", kata dia.

Baca juga: Mulai 26 Maret Jasa Marga Relokasi Akses Masuk Contra Flow Tol Dalam Kota

Diharapkan dengan dibukanya jalan pada ruas tersebut dapat mengurangi kepadatan lalu lintas saat menjelang lebaran, khususnya di ruas jalan nasional dari Gresik-Lamongan dan sebaliknya.

Paket Preservasi Jalan Babat-Lamongan-Gresik MYC tahun anggaran 2021-2023 didanai Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dengan penyedia jasa konstruksi PT Cahaya Indah Madya Pratama-PT Airlanggatama Nusantarasakti, KSO. Paket ini memiliki total panjang penanganan 16,64 kilometer di mana target selesai pekerjaan pada 31 Agustus 2023 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.