Kompas.com - 19/04/2022, 11:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia merupakan tuan rumah Presidensi G20 pada tahun 2022. Secara resmi, Presidensi Indonesia G20 dijalankan sejak 1 Desember 2021 hingga akhir tahun 2022 saat serah terima Presidensi pada KTT G20 di Bali.

Untuk itu, Indonesia telah mempersiapkan banyak kebutuhan guna menyukseskan terselenggaranya acara. Salah satunya dengan menghadirkan logo dan tema dari Presidensi G20 tahun 2022.

Sedikit informasi, logo Presidensi G20 Indonesia berbentuk seperti gunungan dengan motif kawung yang didominasi dengan warna merah dan putih.

Baca juga: [POPULER MONEY] Mengenal Skema Ponzi | Tugas Maudy Ayunda sebagai Jubir Presidensi G20

Dilansir dari laman kominfo.go.id, ini adalah makna di balik logo yang diusung Indonesia dalam Presidensi G20 tahun 2022 ini.

Pertama, dasar logo bewarna merah dan putih yang merupakan representasi bendera Indonesia.

Sedangkan, warna biru pada tulisan "G20 Indonesia" merupakan warna biru laut yang menggambarkan jati diri Indonesia sebagai negara maritim.

Baca juga: Pegang Presidensi, RI Peringkat Berapa di G20?

Kemudian, ada gunungan yang menggambarkan peranan aktif Indonesia dalam membawa dunia memasuki babak baru, yaitu pemulihan pascapandemi secara bersama.

Ada pula unsur kawung yang melambangkan kesempurnaan, keadilan, dan keperkasaan. Motif ini juga bermakna semangat menjadi lebih baik dan berguna bagi sesama.

Selanjutnya, perpaduan Gunungan dan Kawung terlihat sebagai sulur tanaman yang terus tumbuh, merupakan representasi semangat pemulihan ekonomi secara bersama.

Sulur tanaman merupakan representasi semangat pemulihan yang hijau, inklusif, dan berkelanjutan.

Dengan logo ini Indonesia berharap, Presidensi Indonesia akan memberikan dampak positif tidak saja bagi seluruh rakyat Indonesia tetapi juga bagi dunia.

Baca juga: Apa Tema yang Diusung Indonesia dalam Presidensi G20 Tahun 2022

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.