KILAS

PGN dan PT PRPP Teken HOA Kerja Sama Penyediaan Gas Bumi di GRR Tuban

Kompas.com - 19/04/2022, 13:13 WIB

KOMPAS.com – PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) dan PT Pertamina Rosneft Pengolahan dan Petrokimia (PRPP) menandatangani Head of Agreement (HOA) kerja sama penyediaan gas bumi di Grass Root Refinery (GRR) Tuban, Senin (19/4/2022).

Penandatanganan HOA tersebut merupakan bagian dari sinergi Holding Migas Grup dalam akselerasi proyek strategis nasional (PSN) untuk pembangunan kilang minyak.

Melalui kerja sama itu, PGN mengungkapkan kesiapannya dalam menyediakan infrastruktur pendukung untuk penjualan gas PRPP, baik melalui land-based liquefied natural gas (LNG) terminal maupun pipeline and stations.

Penandatanganan HOA dilaksanakan oleh Chief Executive Officer (CEO) subholding gas PT PGN M. Haryo Yunianto, President Director PRPP Reizaldi Gustino, dan Director of Finance & General Support PRPP Pavel Vagero. 

Baca juga: PGN dan PRPP Kerja Sama Sediakan Gas Bumi di GRR Tuban

Agenda tersebut juga disaksikan oleh Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina Nicke Widyawati dan Direktur Logistik dan Infrastruktur PT Pertamina Mulyono.

Dirut PT Pertamina, Nicke Widyawati mengatakan bahwa keberhasilan proyek GRR Tuban ke depan memiliki nilai strategis bagi Pertamina dan Indonesia.

Proyek GRR Tuban, kata dia, akan menjadi integrated refinery and petrochemical atau kilang terintegrasi dan petrokimia pertama di Indonesia.

Nicke meyakini, GRR Tuban akan menghasilkan produk petrokimia yang saat ini masih didominasi oleh impor. Dengan mengurangi impor petrochemical, maka neraca perdagangan Indonesia dapat diperbaiki.

Baca juga: GCG Petrokimia Gresik Raih Kategori Sangat Baik dari BPKP

“Dengan kami sudah memproduksi petrochemical, maka ini menjadi strategi bisnis Pertamina dalam menghadapi transisi energi ke depan,” katanya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (19/4/2022).

Menurut Nicke, pembangunan integrated refinery petrochemical membutuhkan investasi yang besar.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.