Nilai Ekonomi Digital RI Diprediksi Capai 146 Miliar Dollar AS pada 2025

Kompas.com - 19/04/2022, 16:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Dody Widodo mengungkapkan besarnya potensi nilai ekonomi digital di Indonesia. Potensi tersebut diperkirakan akan semakin besar dalam beberapa tahun ke depan.

Dody menambahkan, berdasarkan data dari e-Conomy SEA 2021 Report, ekonomi digital Indonesia pada 2021 mencapai 70 milliar dollar AS, dan diprediksi terus meningkat hingga 146 miliar dollar AS pada 2025 dengan pertumbuhan tahunan (CAGR) sebesar 20 persen.

"Nilai tersebut sangatlah besar dan harus dapat kita manfaatkan. Oleh karena itu, salah satu strategi yang harus ditempuh pemerintah Indonesia adalah mempercepat transformasi teknologi baik di sektor industri maupun masyarakat," katanya dalam seminar nasional dan pembukaan program Startup4Industry 2022, Selasa (19/4/2022).

Baca juga: Jelang Lebaran, CKB Group Tingkatkan Layanan Kargo 

Lebih lanjut, Kemenperin mengajak para startup Indonesia untuk bergabung menjadi bagian ekosistem Startup4Industry.

"Kami mengapresiasi capaian transformasi teknologi yang dikerjakan dengan inovasi dan solusi dari tech startup Indonesia, sehingga kita juga menjaga semangat Bangga Buatan Indonesia, sekaligus bangga tech startup Indonesia," kata Dody.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kemenperin Reni Yanita mengungkapkan, Startup4Industry merupakan langkah untuk mengembangkan startup berbasis teknologi sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024 Rencana Strategis Kementerian Perindustrian 2020-2024.

Adapun program Startup4Industry tahun 2022 mengusung tema Inspiring Industry Transformation.

"Selama empat tahun penyelenggaraan, sudah ada 723 startup yang berpartisipasi dalam program Startup4Industry, dengan menghasilkan sebanyak 73 finalis, memfasilitasi 35 proyek implementasi transformasi teknologi serta memfasilitasi 49 hubungan bisnis antara startup dan industri. Bahkan kami juga mengirimkan startup untuk mengikuti pameran di luar dan dalam negeri," ucap Reni.

Baca juga: Apakah Semua Jual Beli Kendaraan Bermotor Bekas Kena PPN?

Menurutnya, Startup4Industry akan menjadi kekuatan bersama tech startup, untuk menjaring inisiatif, program, terobosan, bahkan jejaring yang lebih luas sampai di tingkat global.

Ia juga mengajak startup teknologi Indonesia untuk berpartisipasi dalam kompetisi Startup4Industry 2022 dan menjadi inspirasi bagi Indonesia untuk bergerak menuju industri 4.0.

Untuk memudahkan masyarakat dan industri menemukan startup yang sesuai dengan pemasalahan dan kebutuhannya, Kemenperin telah merancang Supermarket startup S4I Mart yang dapat diakses melalui www.startupforindustry.id atau www.startup4Industry.id .

"Harapan kami, Startup4Industry akan terus menjadi besar dan luas dengan ditopang oleh keaktifan teman-teman startup dalam ekosistem Startup4Industry," pungkas Reni.

Baca juga: Tunjuk CEO Regional Baru, OYO Siap Lebarkan Sayap Bisnis

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.