Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penuhi Kebutuhan Lebaran, BSI Siapkan Uang Tunai Rp 11,09 Triliun

Kompas.com - 20/04/2022, 14:02 WIB
Rully R. Ramli,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI memproyeksikan adanya kenaikkan kebutuhan transaksi keuangan masyarakat pada periode hari raya Idul Fitri 1443 H.

Merespons hal tersebut, bank dengan kode emiten BRIS itu menyiapkan uang tunai sebesar Rp 11,09 triliun untuk periode Lebaran tahun ini, naik 113 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Kebutuhan uang tunai tersebut telah memperhitungkan proyeksi kenaikan pengisian kas ATM sebesar 159 persen menjadi Rp 6,21 triliun.

Baca juga: Sandiaga Uno Proyeksi Perputaran Uang Selama Libur Lebaran 2022 Capai Rp 72 Triliun

Direktur Information Technology BSI Achmad Syafii mengatakan, saat ini perseroan fokus untuk memastikan ketersediaan uang tunai, terutama pada mesin ATM, khususnya saat libur Lebaran pada 29 april 2022 sampai 8 Mei 2022.

Oleh karenanya, BSI akan memberlakukan kebijakan optimalisasi limit pengisian ATM, di mana setiap mesin akan diisi dengan jumlah uang hingga maksimal 100 persen.

“Kami memperkirakan puncak transaksi tunai diprediksi akan terjadi pada dua pekan terakhir menjelang libur Lebaran, yang merupakan periode pembayaran gaji dan THR, serta selama cuti bersama mendatang,” kata Achmad, dalam keterangannya, Rabu (20/4/2022).

Lebih lanjut Ia bilang, untuk transaksi tarik tunai, transfer antar cabang dan pembayaran bulanan, nasabah dapat melakukan melalui jaringan e-channel perseroan yang meliputi lebih dari 2.400 unit ATM.

Baca juga: Mulai 1 Juli 2022, Limit Saldo Uang Elektronik Naik Jadi Rp 20 Juta

Di samping itu, lebih dari 300 kantor cabang BSI yang tersebar di seluruh Indonesia akan tetap akan beroperasi secara terbatas dan melayani nasabah secara bergantian pada periode Idul Fitri 1443 H, yakni antara tanggal 29 April hingga 6 Mei 2022.

Adapun layanan perbankan yang diberikan pada periode tersebut meliputi setoran, penarikan tunai serta layanan transfer sesama BSI, penebusan DO Pertamina, dan pembukaan rekening.

“Pengoperasian cabang-cabang ini merupakan implementasi komitmen kami agar dapat terus melayani kebutuhan nasabah. Adapun pemilihan cabang operasional kami fokuskan kepada Kantor Cabang Utama, khususnya di lokasi publik,” tutur Achmad Syafii.

Nasabah dapat mengetahui informasi lengkap tentang cabang-cabang yang operasional pada periode libur tersebut dengan mengakses situs www.bankbsi.co.id serta layanan contact center BSI 14040.

Di samping layanan elektronik, BSI juga memiliki lebih dari 7.000 agen BSI Smart yang dapat membantu nasabah melakukan transaksi keuangan seperti tarik dan setor tunai, transfer antar rekening BSI dan bank lain, pembayaran PLN, BPJS, serta pembelian pulsa dan sebagainya.

BSI juga terus mengimbau nasabah untuk meningkatkan pemanfaatan jaringan elektronik lainnya seperti layanan BSI Mobile.

"Saat ini, Seluruh transaksi pembayaran sudah bisa dilakukan secara online melalui aplikasi BSI Mobile pada smartphone nasabah," ucap Achmad.

Baca juga: Penuhi Kebutuhan Likuiditas Lebaran 2022, Persediaan Uang Tunai Bank BTN Jelang Lebaran Naik 56 Persen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com