Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut KTT BloombergNEF, Luhut: Upaya Indonesia Capai Emisi Nol Karbon

Kompas.com - 20/04/2022, 18:06 WIB
Ade Miranti Karunia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia memiliki target untuk mencapai netral karbon dunia pada 2050 dan menjaga peningkatan suhu pada 1,5 derajat celcius. Hal ini pun diwujudkan ke dalam tiga prioritas utama penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada tahun ini, khususnya dalam poin transisi energi nol bersih.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pihaknya menyambut baik BloombergNEF (BNEF) Net Zero Summit pertama di Bali, yang akan berlangsung 12 November 2022.

"Indonesia sangat senang dapat bekerja lebih dekat dengan Bloomberg dan BloombergNEF dalam perjalanan dekarbonisasi kami untuk mencapai Indonesia nol bersih serta untuk menjaga masa depan planet ini. Sebagai ketua panitia penyelenggara G20 Indonesia, saya menyambut baik KTT BNEF Net Zero pertama di Bali pada November 2022 mendatang, sehingga membangun keterlibatan berkelanjutan kami sejak COP26 ketika delegasi Indonesia pergi ke London dan Glasgow," katanya dalam siaran pers, Rabu (20/4/2022).

Baca juga: Intip Besaran Tukin Menko Luhut dan PNS Kemenko Marves

Luhut bilang, ini bukan pertama kalinya bagi BNEF di Asia Tenggara, tetapi Indonesia juga menjadi yang pertama sebagai tuan rumah KTT G20, dan salah satu dari tiga prioritas utama adalah transisi ke energi net zero.

"Saya menantikan KTT BNEF di Bali dan masukan dari para pemimpin bisnis global dan investor di platform net zero ini untuk memajukan pemulihan global pasca pandemi. Mari pulih bersama, pulih lebih kuat," ujarnya.

Melalui BNEF Summit di Bali, Luhut berharap akan ada masukan dari para pemimpin bisnis global dan investor di untuk mencapai netral karbon sebagai upaya memajukan pemulihan global pasca pandemi. Selain itu, BNEF Summit juga akan dijadikan sebagai momen perancangan strategi yang memanfaatkan teknologi untuk membangun masa depan yang lebih kompetitif.

"Momentum tersebut akan mampu memperluas koneksi dan kolaborasi dari yang semula hanya antara sektor swasta dan publik yang ada di Indonesia," pungkasnya.

Pertemuan bertema net zero ini akan mempertemukan 300 pemimpin bisnis, serta investor global dan lokal untuk mengeksplorasi peluang pertumbuhan dalam transisi energi ke masa depan nol bersih dan upaya dekarbonisasi negara. Hal ini perlu dibahas untuk memperjuangkan transisi energi dan mekanisme pembiayaan berkelanjutan sehubungan dengan kepemimpinan G20, selain nantinya akan diadakan side event G20 dan B20.

Utusan Khusus Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Ambisi dan Solusi Iklim sekaligus Pendiri Bloomberg L.P. dan Bloomberg Philanthropies, Michael R. Bloomberg menyampaikan bahwa Indonesia sebagai negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara memiliki potensi besar untuk pengembangan energi bersih.

Akan mampu membantu memperkuat transisi kawasan dari bahan bakar fosil. "Dengan melakukan hal tersebut, Indonesia dapat menunjukkan bagaimana investasi yang diperlukan untuk melawan perubahan iklim, juga menciptakan lapangan kerja lokal, mendukung kewirausahaan, dan menumbuhkan ekonomi," tutur Michael.

Baca juga: Sandiaga Uno: G20 Akan Terasa Besar Dampaknya jika Banyak Side Events

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com