Erick Thohir Minta Defend ID Perkuat Ekosistem Pertahanan Nasional

Kompas.com - 21/04/2022, 05:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi meluncurkan Holding BUMN Industri Pertahanan atau Defense Industry Indonesia (Defend ID) di Surabaya pda Rabu (20/4/2022).

Adapun PT Len Industri (Persero) menjadi induk Defend ID, sementara anggota holding terdiri dari PT Dirgantara Indonesia, PT PAL Indonesia, PT Pindad, dan PT Dahana.

Pada kesempatan itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) terkait komitmen Defend ID meningkatkan nilai TKDN hingga 50 persen.

Baca juga: Defend ID Resmi Terbentuk, Erick Thohir dan Prabowo Langsung Teken Kerja Sama

Erick mengatakan, pembentukan Defend ID merupakan upaya dalam membangun kemandirian pertahanan nasional. Ia ingin Holding BUMN Industri Pertahanan ini bisa memperkuat ekosistem pertahanan nasional.

"Holding industri pertahanan harus mampu memperkuat ekosistem pertahanan nasional, tak hanya dengan anggota holding, melainkan juga kerja sama dengan BUMN lain dan juga TNI," ujar Erick.

Ia mendorong PT Len Industri (Persero) sebagai induk holding industri pertahanan untuk mampu mengorganisir transformasi anggota holding guna mewujudkan tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance).

Serta mampu membangun keselarasan antaranggota holding di sektor keuangan, pemasaran, operasional, hingga portofolio manajemen.

"Sebagai induk holding, Len memiliki peran besar dalam merealsisasikan integrasi dengan tiga mintra TNI, baik darat, laut, maupun udara," katanya.

Erick juga meminta, holding industri pertahanan untuk mulai menyiapkan langkah strategis. Ia ingin, pembentukan holding ini mampu meminimalisir terjadinya tumpang tindih fokus bisnis masing-masing anggota holding.

"Kita harus menindaklanjuti arahan Presiden agar Defend ID ini benar-benar menjadi penggerak dalam mewujudkan ketahanan pertahanan nasional," ucap dia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.