Perempuan Ini Buktikan Bidang Teknologi Tidak Hanya Bisa DIkuasai Laki-Laki

Kompas.com - 21/04/2022, 08:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bidang sains, teknologi, teknik, dan matematika atau STEM di berbagai industri identik dikerjakan oleh laki-laki.

Menurut data Kementerian Perindustrian tahun 2018, hanya 12 persen perempuan yang berasal dari jurusan terkait STEM di Indonesia. Alhasil partisipasi perempuan dalam sektor pekerjaan terkait STEM pun menjadi terbatas.

Namun, stigma ini berusaha dihilangkan oleh Machine Learning Engineer Traveloka, Devina Ekawati.

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Harus Dimiliki agar Menjadi Wanita Karier Sukses

Perempuan lulusan Teknik Informatika di Institut Teknologi Bandung (ITB) ini menantang dirinya untuk mempelajari teknologi baru untuk meningkatkan kemampuannya di bidang TIK.

Dia berusaha untuk mempelajari lebih dalam tentang machine learning dan kecerdasan artifisial tanpa memperdulikan bidang ini masih didominasi laki-laki.

"Sejak awal, saya memilih terjun memelajari machine learning dan Artificial Intelligence karena saya memang punya ketertarikan tinggi terhadap topik tersebut, tanpa melihat bidang ini masih didominasi laki-laki," ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (20/4/2022).

Meskipun dalam perjalanannya, dia pernah merasa ragu dengan kemampuannya sebagai perempuan untuk bersaing dengan engineers lain yang masih didominasi laki-laki.

Namun selama dia mempelajari bidang ini, dia tidak menemukan kendala yang berhubungan dengan dirinya sebagai perempuan. Begitupun saat dia bergabung dengan Traveloka.

"Saat saya bergabung dengan Traveloka, saya merupakan machine learning engineer perempuan satu-satunya di tim. Awalnya, tentunya hal ini membuat saya sempat ciut," ucapnya.

Baca juga: Profil 3 Wanita yang Masuk Daftar Orang Terkaya di Indonesia

Dia melanjutkan, kekhawatiran tersebut tidak berlangsung lama karena ternyata tim kerjanya sangat mendukung dia untuk mengembangkan kemampuannya di bidang teknologi tanpa mempermasalahkan statusnya sebagai perempuan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.