Pendaftaran Angkutan Sepeda Motor Gratis Dibuka Hari Ini, Simak Caranya

Kompas.com - 21/04/2022, 12:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menunjuk KAI Logistik  menyelenggarakan angkutan sepeda motor gratis (motis) untuk dilaksanakan pada 26 April-9 Mei 2022.

Angkutan motis ini merupakan serangkaian kegiatan mudik Lebaran 2022 di mana masyarakat yang ingin mudik dapat mengangkut sepeda motornya ke kampung halaman secara gratis.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri mengatakan, program motis ini merupakan upaya pemerintah mengakomodasi antusiasme masyarakat dalam melakukan mudik.

Baca juga: Cara Bayar Pajak Motor Online dengan Mudah Tanpa Harus ke SAMSAT

Sebab, berdasarkan survei yang dilakukan oleh Balitbang Kemenhub, diprediksi sebanyak 85 juta masyarakat akan melakukan perjalanan mudik tahun ini.

"Tentu antusiasme masyarakat yang besar perlu kita antisipasi agar mudik dapat dilaksanakan dengan selamat, aman, dan menimbulkan rasa bahagia bagi pelakunya," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (21/4/2022).

Pendaftaran angkutan motis 2022 dimulai hari ini hingga 8 Mei mendatang dan disesuaikan dengan ketersediaan kuota yang sebesar 9.280 motor.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti program ini dapat melakukan pendaftaran baik secara online melalui bit.ly/motis2022 ataupun pendaftaran secara langsung dengan mengunjungi stasiun-stasiun yang telah ditunjuk.

Dalam angkutan motis ini, pemerintah menyediakan kuota harian sejumlah 928 unit motor yang diangkut menggunakan 2 kereta api dengan rangkaian masing-masing 8 gerbong bagasi.

Rangkaian gerbong tersebut akan berjalan setiap hari selama periode arus mudik pada 26–30 April 2022 yang kemudian dilanjutkan periode arus balik pada 05-09 Mei 2022.

Selama pengiriman, peserta juga dapat melakukan pelacakan secara mandiri melalui aplikasi KAI Access maupun website kalogistics.co.id dengan memasukkan nomor resi pengiriman.

Angkutan motis ini melayani berbagai rute dengan perjalanan pulang pergi dan tersedia di dua jalur, yaitu Lintas Utara dimulai dari Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, Stasiun Semarang Tawang.

Sementara untuk Lintas Selatan dimulai dari Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Purwokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Klaten, Stasiun Purwosari.

Selama penyelenggaraan program, seluruh rangkaian proses angkutan mulai dari penerimaan, pengepakan/packing, pemuatan ke dalam gerbong, pembongkaran dari gerbong hingga penyerahan kepada peserta motis, akan dilayani oleh KAI Logistik selaku pihak penyelenggara yang telah ditunjuk oleh pemerintah.

Baca juga: KAI Buka Pendaftaran Angkutan Motor Gratis untuk Pemudik, Ini Cara Daftarnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.