Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saratoga Bakal Bagi-bagi Dividen Rp 814 Miliar, Ini Jadwal Pencairannya

Kompas.com - 21/04/2022, 16:38 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) akan membagikan dividen tunai untuk tahun buku 2021 kepada para pemegang saham senilai Rp 814 miliar. Posisi ini naik dibandingkan tahun lalu Rp 298 miliar.

Pembagian dividen ini diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang berlangsung pada, Kamis (21/4/2022). Dividen tunai tersebut akan dibagikan kepada pemegang saham Saratoga yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham Perseroan pada tanggal 11 Mei 2022 pukul 16:00 WIB.

“Pembagian dividen yang dilakukan merupakan bentuk apresiasi Perseroan atas dukungan pemegang saham. Pembayaran dividen tunai kepada pemegang saham Perseroan akan dilakukan pada tanggal 13 Mei 2022,” kata Presiden Direktur Saratoga Michael William P. Soeryadjaya secara virtual.

Baca juga: Kemenaker: hingga 20 April, Ada 2.114 Laporan Pengaduan Masuk ke Posko THR 2022

Michael mengatakan, perseroan berkomitmen untuk memastikan investasi yang dilakukan oleh para investor dapat memberikan nilai tambah melalui strategi, pengelolaan perusahaan dengan disiplin, efisien dan terukur untuk mengeksekusi setiap strategi investasi secara optimal.

“Komitmen kami adalah memastikan setiap investasi yang dilakukan Saratoga dapat memberikan nilai tambah yang optimal bagi para pemegang saham dan juga bagi perekonomian Indonesia,” kata Michael.

RUPST Saratoga juga menyetujui usulan manajemen Saratoga untuk melakukan buyback saham sebanyak-banyaknya 45 juta saham. Sebagai informasi, pada tahun 2021, Saratoga mencatatkan Net Asset Value (NAV) sebesar Rp 56,3 triliun.

Baca juga: BP Jamsostek Tanggung Biaya Perawatan dan Santunan Korban Alfamart Ambruk

Sumber pertumbuhan NAV Perseroan sebagian besar berasal dari kenaikan harga saham di hampir semua portofolio investasi Perseroan, terutama PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG), PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO), PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) dan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX).

Michael menjelaskan, perusahaan portofolio investasi Saratoga, yang didukung dengan fundamental yang kuat dan sektor bisnis yang strategis, mengoptimalkan peluang selama fase pemulihan ekonomi nasional di tahun 2021.

“Perusahaan portofolio investasi Saratoga telah berkontribusi terhadap pendapatan dividen Perseroan sebesar Rp 1,65 triliun selama tahun 2021. Terjadi peningkatan hingga 120 persen daripada pendapatan dividen tahun 2020 sebesar Rp 750 miliar, yang mencerminkan bahwa portofolio investasi kami memiliki kinerja yang sangat solid,” jelas Michael.

Baca juga: Negara G20 Minta Bank Dunia Bentuk Dana Perantara, Apa Fungsinya?

Selama tahun 2021, sejumlah langkah penting telah dilakukan Perseroan dengan melakukan investasi baru di tiga perusahaan startup, yaitu Xurya, SIRCLO dan Fuse, juga investasi di perusahaan media digital dan periklanan yakni City Vision.

Saratoga juga menambah kepemilikan sahamnya hingga akhir Desember 2021 dibandingkan Desember 2020 di PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk. (MPMX) dan PT Aneka Gas Industri Tbk. (AGII).

Direktur Investasi Saratoga Devin Wirawan mengatakan, Saratoga akan terus mengoptimalkan setiap peluang investasi di sektor-sektor strategis yang memiliki prospek pertumbuhan bisnis dalam jangka panjang.

Industri teknologi, konsumen, dan pelayanan kesehatan merupakan beberapa sektor yang menjadi pilihan investasi Saratoga, mengingat skala ekonominya yang besar sesuai dengan jumlah populasi penduduk Indonesia yang mendekati 300 juta jiwa.

“Dalam setiap investasinya Saratoga akan selalu menjalankan prinsip kehati-hatian dan terukur. Kami percaya dengan pengalaman dan kemampuan SDM Saratoga, kinerja Perseroan akan tetap solid,” jelas Devin.

Baca juga: Jelang Lebaran, Kementan Pastikan Stok dan Harga Bahan Pangan Pokok di Bengkulu Aman

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com