4 Tips Meningkatkan Omzet Penjualan Menjelang Hari Raya Lebaran

Kompas.com - 21/04/2022, 20:30 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang hari Raya Lebaran banyak bisnis yang berlomba-lomba mengadakan berbagai cara yang menarik, baik itu program diskon ataupun bazar, untuk memaksimalkan dan meningkatkan keuntungan.

Oleh sebab itu di moment ini para pelaku UMKM dituntut untuk membuat strategi yang tepat jika ingin meningkatkan omzet.

Fonder Dekayu, Yaniar Fernanda membeberkan 4 tips yang bisa dilakukan oleh UMKM ketika ingin meningkatkan omzet di moment hari Raya Lebaran.

Baca juga: Simak, Ini 5 Tips Mengatur Keuangan Jelang Lebaran

Pertama disebutkan dia adalah buat planing jauh-jauh hari. Yaniar menjelaskan, dalam hal ini yang perlu dipersiapkan meliputi produk apa yang dijual, hingga bagaimana strategi pemasarannya.

"Artinya di momen Lebaran ini harus dibaca bagaimana trendnya, kebutuhannya apa, dan produk apa yang sedang hits. Itu kita persiapkan dari jauh-jauh hari," ujar Yaniar dalam jumpa pers virtual, Kamis (21/4/2022).

Tips yang kedua adalah buat atau desain toko sebagus mungkin. Yaniar menjelaskan, dengan mempercantik toko akan memberikan first impression yang bagus juga bagi toko.

Baca juga: 4 Tips Memanfaatkan THR

Dari sanalah bisa memunculkan niat pelanggan datang kembali untuk membeli produk yang dijual. "Toko didesain semenarik mungkin, biar pelanggan mau datang lagi dan datang lagi," kata Yaniar.

Lalu tips yang ketiga adalah integrasikan toko dengan teknologi. Yaniar menjelaskan, zaman sekarang orang-orang sudah lebih tertarik belanja online.

Oleh sebab itu pelaku UMKM sudah seharusnya memanfaatkan teknologi atau masuk ke platform e-commerce.

"Apalagi kalau punya 2 toko, online dan offline pasti omzetnya juga sesuai yang diharapkan, asal benar-benar strateginya," bebernya.

Tips keempat adalah berikan promo. Menurutnya promo tidak serta merta berupa potongan harga alias diskon. Namun, menurut dia, dengan memberikan promo gratis ongkir saja pelanggan bakal menyukainya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.