Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Meningkatkan Omzet Penjualan Menjelang Hari Raya Lebaran

Kompas.com - 21/04/2022, 20:30 WIB
Elsa Catriana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang hari Raya Lebaran banyak bisnis yang berlomba-lomba mengadakan berbagai cara yang menarik, baik itu program diskon ataupun bazar, untuk memaksimalkan dan meningkatkan keuntungan.

Oleh sebab itu di moment ini para pelaku UMKM dituntut untuk membuat strategi yang tepat jika ingin meningkatkan omzet.

Fonder Dekayu, Yaniar Fernanda membeberkan 4 tips yang bisa dilakukan oleh UMKM ketika ingin meningkatkan omzet di moment hari Raya Lebaran.

Baca juga: Simak, Ini 5 Tips Mengatur Keuangan Jelang Lebaran

Pertama disebutkan dia adalah buat planing jauh-jauh hari. Yaniar menjelaskan, dalam hal ini yang perlu dipersiapkan meliputi produk apa yang dijual, hingga bagaimana strategi pemasarannya.

"Artinya di momen Lebaran ini harus dibaca bagaimana trendnya, kebutuhannya apa, dan produk apa yang sedang hits. Itu kita persiapkan dari jauh-jauh hari," ujar Yaniar dalam jumpa pers virtual, Kamis (21/4/2022).

Tips yang kedua adalah buat atau desain toko sebagus mungkin. Yaniar menjelaskan, dengan mempercantik toko akan memberikan first impression yang bagus juga bagi toko.

Baca juga: 4 Tips Memanfaatkan THR

Dari sanalah bisa memunculkan niat pelanggan datang kembali untuk membeli produk yang dijual. "Toko didesain semenarik mungkin, biar pelanggan mau datang lagi dan datang lagi," kata Yaniar.

Lalu tips yang ketiga adalah integrasikan toko dengan teknologi. Yaniar menjelaskan, zaman sekarang orang-orang sudah lebih tertarik belanja online.

Oleh sebab itu pelaku UMKM sudah seharusnya memanfaatkan teknologi atau masuk ke platform e-commerce.

"Apalagi kalau punya 2 toko, online dan offline pasti omzetnya juga sesuai yang diharapkan, asal benar-benar strateginya," bebernya.

Tips keempat adalah berikan promo. Menurutnya promo tidak serta merta berupa potongan harga alias diskon. Namun, menurut dia, dengan memberikan promo gratis ongkir saja pelanggan bakal menyukainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com