Luhut Sebut Bloomberg dan Google Puji Indonesia soal Perkembangan Energi Bersih

Kompas.com - 21/04/2022, 22:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebut Bloomberg dan Google memuji Indonesia terkait perkembangan energi bersih.

Kata Luhut, Indonesia dianggap lebih maju dari Amerika Serikat (AS) dalam hal transisi energi menuju energi ramah lingkungan. Luhut mengatakan pujian disampaikan Bloomberg dan Google saat ia melakukan kunjungan kerja ke AS.

"Yang paling menarik pada kunjungan saya ke Amerika Serikat kali ini adalah pertemuan saya dengan CEO Bloomberg L.P. Michael Bloomberg. Beliau sampaikan bahwa Indonesia sebagai negara dengan ekonomi terbesar di ASEAN, punya potensi besar sebagai tempat tujuan investasi terkait pengembangan energi bersih yang mampu membantu menggerakkan perekonomian negara," tulis Luhut dalam unggahan di Instagram pribadinya,@ Kamis (21/4/2022).

"Selain Mike Bloomberg, pujian juga disampaikan oleh delegasi dari Google. Mereka katakan bahwa mekanisme transisi energi di Indonesia sudah lebih maju daripada negara maju seperti Amerika," sambungnya.

Baca juga: Bahlil Ungkap Penyebab Indonesia Sulit Capai Target Realisasi Investasi

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Luhut Binsar Pandjaitan (@luhut.pandjaitan)

Luhut berharap transisi menuju energi baru terbarukan (EBT) saat ini bukan hanya jadi jargon semata, tapi harus jadi misi seluruh umat manusia. Apalagi persoalan transisi energi ini bakal menjadi isu prioritas yang dibahas pada pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Indonesia pada akhir tahun 2022.

"Di hadapan ratusan pengusaha ternama di dunia, saya jelaskan dengan bangga bagaimana kami sungguh bersemangat dan menyambut baik Bloomberg NEF Summit yang akan diselenggarakan untuk pertama kali nya di Bali pada November 2022 mendatang.

Luhut mengatakan gelaran Bloomberg NEF Summit di Indonesia akan menjadi yang pertama di Asia Tenggara. Sebagai Presidensi G20, Indonesia juga menjadikan transisi energi sebagai salah satu isu prioritas.

Selain itu, Luhut juga menyebut Bloomberg dan Google nampak tertarik dengan upaya yang dilakukan oleh Indonesia untuk mencapai nol emisi karbon (net zero emission)

"Dinginnya suhu udara di New York tidak mengurangi semangat kami untuk mengajak seluruh delegasi yang terdiri dari sektor swasta dan publik untuk memberikan saran, masukan, serta dukungan yang konkret mengenai transisi energi sehingga pemulihan global masa pandemi bisa kita capai bersama-sama," tutur dia.

Luhut berharap keseriusan pemerintah Indonesia mencapai nol emisi karbon pada 2060 mampu menarik investor lebih banyak lagi ke Tanah Air.

Baca juga: Luhut Ajak Pelajar Bantu Pemerintah Majukan Petani untuk Inovasi Teknologi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.