Perempuan Punya Peran Penting Mendorong Peningkatan Literasi Keuangan

Kompas.com - 21/04/2022, 22:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perempuan memiliki banyak peran di segala bidang, termasuk di bidang teknologi atau dikenal dengan istilah women tech.

Co-Founder Pluang Claudia Kolonas menilai women tech dalam era disrupsi digital saat ini memiliki peran yang sangat penting. Pasalnya kaum perempuan memiliki potensi untuk mendorong peningkatan literasi keuangan di tengah percepatan digitalisasi yang sedang terjadi.

Claudia menekankan pentingnya peran perempuan di era disrupsi digital dalam meningkatkan literasi keuangan di tengah masyarakat. Ia mengatakan, pandemi yang terjadi dua tahun belakangan ini secara tidak langsung menghadirkan perubahan yang cukup signifikan bagi masyarakat.

Baca juga: Tarif Tol Jakarta-Yogyakarta dan Jakarta-Surabaya pada Mudik Lebaran 2022

Meski begitu begitu, Claudia menilai pandemi Covid-19 juga membuka peluang bagi para pelaku layanan keuangan digital. Namun diakui ada tantangan yang harus dihadapi yaitu jarak antara inklusi keuangan dan literasi keuangan.

Dalam hal ini, ia bilang beban ini tentu bukan hanya menjadi tugas pemerintah maupun pelaku industri saja.

"Untuk meningkatkan tingkat literasi keuangan juga dibutuhkan partisipasi dari publik dan tokoh-tokoh women-tech yang saat ini sering memegang peran penting di sektor finansial, baik digital maupun konvensional," kata dia dalam keterangan tertulis Kamis (21/4/2022).

Bertepatan dengan Hari Kartini, ia juga mengapresiasi seluruh perempuan, khususnya bagi yang sudah bekeluarga dan menjadi seorang ibu, tetapi tetap bekerja sekaligus mengurus keluarganya.

"Perempuan pun dapat aktif dan mandiri dalam melakukan pekerjaan yang mereka sukai selama masih bernilai positif," imbuh dia.

Baca juga: Menko Airlangga: PLTS Jadi Andalan Turunkan Emisi Karbon

Sebagai Co-Founder dari platform investasi multi aset, ia mencatat saat ini ada peningkatan investor sebanyak 97 persen secara tahunan. Namun demikian, potensi tersebut masih terhalang dengan adanya ketidakpercayaan.

Oleh karena itu, peran women-tech dinilai penting untuk meningkatnya literasi keuangan, salah satunya dengan memulai investasi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.