Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turut Dukung Ketahanan Energi Nasional, INSA Dapat Apresiasi dari PLN

Kompas.com - 22/04/2022, 04:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Indonesian National Shipowners' Association (INSA) akan terus mendukung upaya pemerintah mewujudkan ketahanan energi nasional. Oleh sebab itu, INSA siap mengerahkan armada pelayaran untuk mengangkut pasokan batu bara ke Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), yang dikelola PT PLN (Persero).

Hal itu disampaikan Ketua Umum INSA Carmelita Hartoto pada acara buka puasa bersama bertajuk “INSA Berbagi Menggapai Berkah” di Jakarta, Kamis (21/4/2022).

 

“INSA telah buktikan komitmennya saat terjadi kekurangan pasokan batu bara di 17 PLTU yang dikelola PLN. Kami mengerahkan armada untuk mengangkut batu bara yang dibutuhkan,” kata Carmelita.

Baca juga: INSA: Industri Maritim Harus Siap Menghadapi Era Digitalisasi

Ia menambahkan, saat terjadi krisis batu bara pada Desember 2021- Januari 2022, INSA merespons cepat dengan mengerahkan 130 unit vessel shipment dan 711 unit tongkang shipment untuk mengangkut batu bara ke PLTU.

Saat itu, armada yang biasa digunakan mengangkut pupuk, pasir, dan semen milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) turut dikerahkan untuk membawa pasokan batu bara ke PLTU yang dikelola PLN.

Hal itu dilakukan agar tidak terjadi krisis energi dan pemadaman listrik.

Baca juga: INSA Berharap Pekerja Maritim Masuk Prioritas Vaksinasi Covid-19

Apresiasi PLN

Peran strategis INSA mendapat apresiasi PT PLN (Persero) dengan menganugerahkan penghargaan kepada INSA yang dinilai berperan aktif dalam penyediaan kebutuhan kapal angkutan batu bara untuk menjaga ketahanan listrik nasional.

Penghargaan diserahkan Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo disaksikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Hotel Sultan Jakarta.

PLN sebagai mitra perusahaan pelayaran nasional mengapresiasi dedikasi INSA dalam menyediakan kebutuhan kapal pengangkut batu bara saat terjadi kekurangan stok batu bara di 17 Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang dikelola PT PLN (Persero) beberapa waktu lalu. 

“Terima kasih PLN atas penghargaan yang diberikan kepada INSA. Ini semua menjadi bukti nyata pentingnya penerapan asas cabotage. Armada nasional dengan sigap merespons kebutuhan angkutan dalam negeri,” kata Carmelita.

Penerapan asas cabotage tersebut menurut Carmelita, telah memberikan ruang gerak lebih leluasa kepada perusahaan-perusahaan angkutan laut nasional berbendera Merah Putih dan awak kapal warga negara Indonesia (WNI) membantu pemerintah.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+