Sebelum Mudik dengan Kendaraan Pribadi, Lakukan 5 Langkah Ini

Kompas.com - 22/04/2022, 06:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah telah resmi mengizinkan masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik Lebaran pada tahun ini, setelah kurang lebih 2 tahun aktivitas tersebut dilarang dan dibatasi dengan tujuan mencegah kenaikan jumlah Covid-19.

Berdasarkan survei Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan (Balitbang Kemenhub), tahun ini diperkirakan ada 85,5 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran.

Pemudik dengan kendaraan pribadi baik roda dua maupun empat nampaknya masih menjadi pilihan yang paling banyak diminati, khususnya bagi masyarakat daerah Jawa dan Sumatera.

Baca juga: Masyarakat Diimbau Mudik mulai 22 April 2022 agar Kurangi Potensi Kemacetan

Kemudahan dan biaya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan pilihan transportasi lainnya menjadi faktor utama, khususnya bagi mereka yang tidak melakukan perjalanan antar pulau.

Meski begitu, pemudik dengan kendaraan pribadi harus tetap memperhatikan beberapa persiapan untuk memastikan perjalanannya aman dan nyaman.

Sebagai salah satu insurance marketplace, Co-Founder dari Lifepal.co.id, Benny Fajarai membagikan 5 tips terkait kendaraan pribadi yang perlu diperhatikan sebelum mudik:

Baca juga: Minat Gunakan Uang THR Untuk Investasi Kripto? Simak Dulu Tips Berikut

1. Pelajari rute terbaik

Salah satu persiapan terpenting sebelum berangkat mudik dengan kendaraan pribadi adalah memahami dahulu rute yang hendak dilewati. Pilihlah rute terbaik untuk dilintasi sehingga pemudik juga bisa memetakan lokasi peristirahatan (rest area), hingga letak posko kesehatan terdekat.

"Selain itu, pahami juga jalur-jalur rawan macet yang hendak dilintasi. Untuk memudahkannya kamu bisa memanfaatkan aplikasi GPS seperti google maps atau waze sebagai panduan arah," kata dia melalui keterangan tertulis, Jumat (22/4/2022).

Baca juga: Mudik Bersama BUMN 2022, Jasa Raharja Koordinasikan 510 Bus dan 24 Kereta Api

2. Jaga kondisi tubuh sebelum berkendara jauh

Persiapan mudik dengan mobil pribadi yang pertama adalah menjaga kondisi tubuh sebelum perjalanan mudik pakai mobil. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi tubuh agar tidak cepat kelelahan dan jatuh sakit. Memastikan tubuh prima saat berkendara merupakan salah satu dari tiga prinsip dasar berkendara.

"Oleh karena itu sebaiknya sehari sebelum berangkat, kamu mengistirahatkan tubuh dengan tidur minimal enam sampai delapan jam. Kemudian pada saat di perjalanan, usahakan untuk melakukan tidur singkat atau istirahat dengan menepikan kendaraan apabila merasa letih di tengah perjalanan," anjur Benny.

Baca juga: Tarif Tol Jakarta-Yogyakarta dan Jakarta-Surabaya pada Mudik Lebaran 2022

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.