Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT SMI Dukung Presidensi G20 Indonesia lewat Transisi Energi Terbarukan

Kompas.com - 22/04/2022, 09:30 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan pembiayaan infrastruktur PT Sarana Multi Infrastruktur atau SMI turut mendukung Presidensi G20 Indonesia.

Perusahaan pelat merah di bawah koordinasi Kementerian Keuangan ini akan mendukung program Presidensi G20 Indonesia dalam agenda transisi energi terbarukan.

Direktur Utama PT SMI Edwin Syahruzad mengatakan, dari tiga agenda utama yang akan dibicarakan dalam Presidensi G20 Indonesia, SMI akan mendukung program transisi energi terbarukan.

"Yang paling relevan dari hal-hal yang menjadi agenda G20 bagi SMI saya rasa adalah bidang transisi energi yang berkelanjutan atau sustainable finance," kata dia dalam konferensi pers Kamis (21/4/2022).

Baca juga: PT SMI Gelontorkan Pembiayaan Rp 27 Triliun ke Pemda pada Kuartal 1-2022

Ia menambahkan, saat ini pihaknya sedang menyiapkan langkah bersama Kementerian Keuangan dan mitra lainnya untuk dapat menyiapkan sebuah aksi konkret untuk ditunjukkan saat Presidensi G20 Indonesia.

"Saat ini gagasan Energy Transition Mechanism (ETM) tengah dirancang oleh Kementerian Keuangan dan PT SMI. Harapannya nanti akan ada suatu closing atau ada modalitas yang akan dikenalkan dalam forum G20," imbuh dia.

Baca juga: Transisi Energi Jadi Fokus G20, Ini Strategi Pemerintah Kejar Pembangunan PLTP 3.355 MW

Ia mengaku pihaknya sedang dalam proses koordinasi dan kolaborasi dalam menyiapkan showcase tersebut. Termasuk di dalamnya juga menentukan proyek mana yang akan dibawa untuk showcase.

Edwin menyadari, hal tersebut perlu melibatkan dukungan pemerintah dan keterlibatan institusi atau lembaga terkait. dalam hal ini, khususnya dengan Kementerian ESDM dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Selain showcasing, kami juga terlibat dalam forum-forum finance track. Kami juga terlibat dalam side event untuk mendukung Presidensi G20 Indonesia," tandas dia.

Sebagai catatan, Presidensi G20 Indonesia memiliki tiga agenda utama. Agenda pertama adalah arsitektur kesehatan global, transformasi digital, dan terakhir transisi energi berkelanjutan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com