Dukung Perdagangan Digital Berkelanjutan, Ini yang Dilakukan Lazada

Kompas.com - 22/04/2022, 15:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai upaya mendukung praktik perdagangan digital berkelanjutan (sustainability), Lazada meluncurkan kampanye LazEarth.

Kampanye ini berfokus pada pengurangan limbah plastik pada produk dan kemasan. Mengingat, berdasarkan catatan mereka Asia Tenggara diperkirakan menghasilkan lebih dari 31 juta ton limbah plastik setiap tahunnya dan 91 persen konsumen menyatakan kekhawatiran mereka atas permasalahan limbah plastik di Asia Tenggara.

Chief Strategy Officer Lazada Group Magnus Ekbom mengatakan, sangat penting bagi perusahaan menjadikan keberlanjutan sebagai inti dari strategi membangun ekonomi yang lebih kuat dan lebih hijau. Sebab, ia menuturkan perdagangan digital menjadi salah satu pendorong pertumbuhan utama di Asia Tenggara.

Baca juga: Transaksi COD, Masih Relevankah di Masa Perdagangan Digital?

"Kampanye LazEarth adalah bagian dari upaya Lazada untuk mengatasi permasalahan limbah plastik dan untuk membantu pelanggan kami membuat keputusan berdasarkan informasi atas produk berkelanjutan,” kata dia dalam siaran pers Jumat (22/4/2022).

Ia memaparkan, Lazada akan bekerja sama dengan brand dan mitra LazMall untuk membuat produk ramah lingkungan lebih mudah didapatkan dan dikenali oleh konsumen.

Dalam kampanye ini, rencananya Lazada akan menampilkan lebih dari 70 brand dan 5.000 produk khususnya dari kategori fesyen dan produk FMCG yang dibuat, dikemas, atau dikirimkan dengan mengurangi penggunaan plastik atau menggunakan plastik berkualitas lebih baik.

Magnus menyebut, sejak tahun 2021 Lazada telah menawarkan paket yang dibuat dari material alternatif ramah lingkungan bagi brand yang tergabung dalam layanan Fulfilment by Lazada (FBL). Paket ramah lingkungan tersebut menggunakan kotak karton bersertifikasi FSC yang diisi dengan sobekan kertas daur ulang sebagai pengganti plastik.

Baca juga: Tokopedia, Shopee, Lazada Hingga Blibli, Mana yang Paling Disukai Pelanggan Ketika Berbelanja Online?

Selain untuk mengatasi permasalahan limbah plastik, ia bilang Lazada juga menjalin berbagai kemitraan dan menjalankan inisiatif sosial yang bertujuan untuk membangun ekosistem perdagangan digital yang berkelanjutan di Asia Tenggara.

Misalnya di Indonesia, salah satu unit usaha logistik milik Lazada, Lazada Logistics, berkolaborasi dengan PT Smoot Motor Indonesia (Smoot) untuk memperkenalkan #BlueVehicle, armada pengiriman elektrik yang praktis dan ramah lingkungan.

Kemitraan ini memberikan akses penggantian baterai di ratusan lokasi strategis di Jakarta bagi mitra kurir Lazada Logistics. Dengan begitu, memungkinkan mereka untuk mengganti baterai dengan cepat dan melakukan pengiriman paket tepat waktu.

Menanggapi hal itu, Chief Business Officer Lazada Group James Chang mengungkapkan, pihaknya sadar, bisnis keberlanjutan dan penciptaan nilai akan menjadi sangat penting bagi kesuksesan jangka panjang.

"Dengan peluncuran LazEarth, kami menantikan untuk bisa menjalin lebih banyak kemitraan dan menjalankan inisiatif ramah lingkungan yang bisa memberdayakan brand, mitra, dan pelanggan kami untuk bersama menciptakan kebiasaan berbelanja dan konsumsi yang bertanggung jawab dan berkelanjutan,” imbuh dia.

Sebagai catatan, bertepatan dengan Hari Bumi, kampanye LazEarth akan berlangsung selama sehari pada tanggal 23 April 2022 untuk memberikan penawaran dan promosi menarik kepada pelanggan Lazada saat mereka berbelanja produk ramah lingkungan.

Baca juga: Gojek, Grab, Shopee, Lazada, Mana yang Paling Banyak Digunakan di Asia Tenggara?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.