Jelang Mudik Lebaran, Penerbangan Jakarta-Lubuk Linggau Kembali Dibuka

Kompas.com - 22/04/2022, 19:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Penerbangan dari Jakarta ke Lubuk Linggau kembali dibuka menjelang mudik Lebaran 2022 setelah sempat tidak beroperasi akibat pandemi Covid-19.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, dengan dibukanya rute ini kembali maka Bandara Silampari di Lubuk Linggau menjadi penghubung beberapa Kabupaten di sekitarnya, seperti Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Pagar Alam, Lahat, dan Muara Enim.

Bandara Silampari ini sempat tidak beroperasi sejak tanggal 30 Oktober 2021 karena pandemi Covid-19.

Baca juga: Aturan Lengkap Pembatasan Operasional Kendaraan Barang Selama Mudik Lebaran

"Kami terus berkomitmen menjaga konektivitas antar wilayah di Indonesia," ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (22/4/2022).

Penerbangan Jakarta-Lubuk Linggau dilakukan perdana hari ini, dilayani oleh maskapai Batik Air rute Cengkareng-Lubuk Linggau dan mengangkut 155 orang penumpang sedangkan rute Lubuk Linggau-Cengkareng sebanyak 111 orang penumpang.

Saa mengikuti penerbangan perdana ini, Budi sempat berbincang dengan penumpang di dalam pesawat dan menanyakan tanggapan dari penumpang dengan dibukanya kembali rute penerbangan Jakarta-Lubuk Linggau setiap hari PP.

"Mereka senang sekali, setelah sempat tidak beroperasi akibat pandemi. Tentu kita mengucap syukur Alhamdulillah dengan dibukanya kembali penerbangan ini," ucapnya.

Dia pun menyampaikan terima kasih kepada Walikota Lubuk Linggau, Bupati Musi Rawas, Bupati Musi Rawas Utara, beserta DPR RI yang telah mendukung dibukanya kembalik penerbangan ini.

Baca juga: Syarat Mudik Lebaran 2022 Terbaru, Ini Kriteria Pemudik yang Wajib PCR

“Mari kita bersinergi bersama memajukan Sumatera Selatan,” kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Lubuk Linggau S.N Prana Putra Sohe menyampaikan terima kasih kepada Kemenhub dan pihak terkait, yang telah membuka kembali penerbangan dari dan ke Lubuk Linggau.

"Diharapkan pembukaan kembali penerbangan ini dapat memudahkan pergerakan masyarakat dan dapat menggeliatkan kembali perekonomian di Lubuk Linggau dan sekitarnya," ujarnya.

Dalam kunjungan kerjanya ke Lubuk Linggau, Budi juga meninjau pelaksanaan vaksinasi massal dan membagikan 500 paket sembako kepada masyarakat yang berada di panti asuhan binaan Masjid Agung As-Salam Lubuk Linggau.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto, Bupati Musi Rawas Hj. Ratna Machmud, Bupati Musi Rawas Utara H. Devi Suhartoni, anggota Komisi V DPR RI Eddy Santana Putra, dan anggota DPD RI Giri Ramanda N. Kiemas.

Baca juga: Janji Menhub pada Masa Mudik Lebaran 2022: Tarif Tol Gratis jika Gerbang Tol Macet hingga 1 Km

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.