Kompas.com - 23/04/2022, 09:22 WIB

KOMPAS.com – Setiap menjelang Lebaran, aktivitas belanja masyarakat biasanya mengalami peningkatan drastis.

Meski harga kebutuhan sandang dan pangan naik pada waktu tersebut, masyarakat tetap rela mengucurkan dana tabungan maupun tunjangan hari raya (THR) untuk membeli barang-barang keperluan Lebaran.

Tingginya aktivitas belanja masyarakat itu menjadi momentum tepat bagi para pelaku bisnis untuk memaksimalkan pendapatan mereka.

Bagi Anda yang tertarik berbisnis menjelang Lebaran, berikut sederet tips yang bisa dicoba, dilansir Kompas.com dari berbagai sumber.

Baca juga: Pelaku UMKM dapat Inspirasi Resep Kue untuk Bisnis Jelang Lebaran

1. Membuka bisnis parsel

Parsel merupakan bisnis musiman yang ramai menjelang Lebaran. Bisnis ini bisa dikatakan menarik dari segi omzet, terutama ketika hari-hari Ramadhan menjelang Lebaran.

Contoh parsel yang bisa dijual, antara lain kue kering, makanan atau minuman, perlengkapan ibadah, hingga perabotan dapur atau rumah tangga.

Anda bisa membuat bingkisan makanan dan minuman ringan untuk parsel, silaturahmi, atau acara bersama.

Baca juga: Hindari Produk Kedaluwarsa, Wakil Wali Kota Palembang Minta Warga Beli Parsel Berlabel BPOM

2. Menawarkan produk fesyen hingga make-up

Menjual fesyen, make-up, pernak-pernik perawatan rambut, dan penataan rumah usaha dapat menjadi rekomendasi usaha Anda menjelang Lebaran.

Berdasarkan riset Google, produk-produk ini intensif dicari konsumen dari pertengahan pekan pertama hingga pertengahan pekan terakhir Ramadhan.

3. Menjual kebutuhan telekomunikasi

Jika merasa tidak ingin repot dengan banyak barang untuk dijual, Anda bisa mencoba bisnis voucher game atau telepon genggam menjelang Lebaran.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.