Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Lebaran, Volume Lalu Lintas Melalui Bandara Soekarno-Hatta Meningkat 10,81 Persen

Kompas.com - 25/04/2022, 05:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional mencatat ada 169.605 kendaraan yang keluar Jakarta sejak H-10 hingga H-9 Hari Raya Idul Fitri, atau tepatnya periode 22-23 April 2022.

Marketing and Communication Department Head, Jasamarga Metropolitan Tollroad, Irra Susiyanti mengatakan, volume kendaraan yang keluar dari Jakarta meningkat 10,81 persen.

"Hal ini jika dibandingkan dengan volume lalu lintas transaksi new normal atau November 2021, yaitu 153.053 kendaraan transaksi yang meninggalkan Jakarta melalui Bandara Soekarno-Hatta," kata Irra dalam siaran pers, Minggu (24/4/2022).

Baca juga: Jadwal One Way dan Ganjil Genap Mudik 2022 di Tol Trans Jawa

Adapun lalu lintas terdistribusi melalui dua Gerbang Tol (GT), yakni GT Cengkareng Jalan Tol Prof. Dr. Ir. Soedijatmo dan GT Benda Utama 2 Jalan Tol Kunciran-Cengkareng.

Peningkatan volume lalu lintas transaksi di GT Cengkareng Jalan Tol Prof. Dr.Ir. Soedijatmo mencapai 8,7 persen atau terealisasi 131.815 kendaraan dibanding dari lalu lintas new normal sebesar 121.242 kendaraan.

"Peningkatan volume lalu lintas transaksi di GT Benda Utama 2 sebesar 18,79 persen atau terealisasi 37.790 kendaraan dari volume lalu lintas transaksi new normal sebesar 31.811 kendaraan," sebut Irra.

Di sisi lain, Jasamarga Metropolitan Tollroad mencatat pula sebanyak 66.584 kendaraan keluar dari Bandung menuju wilayah Sumedang, Garut dan sekitarnya melalui Gerbang Tol (GT) Cileunyi.

Volume lalu lintas transaksi tersebut meningkat 3,01 persen dari masa new normal yaitu sebesar 64.637 kendaraan.

"Sedangkan volume lalu lintas transaksi dari arah sebaliknya atau yang menuju ke Bandung melalui GT Cileunyi tercatat 59.315 kendaraan atau meningkat 7,21 persen dibanding lalu lintas new normal sebesar 55.324 kendaraan," ucap Irra.

Lebih lanjut Jasa Marga mengimbau kepada masyarakat agar mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan dengan memastikan kondisi kendaraan siap jalan, kondisi pengemudi yang prima, memperhatikan kecukupan BBM dan saldo e-toll untuk kenyamanan perjalanan.

Pihaknya juga mengimbau kepada pengguna jalan hanya menggunakan 1 e-toll yang sama untuk pembayaran di jalan tol dengan sistem transaksi tertutup seperti Ruas Tol Cipularang dan Padaleunyi serta Jalan Tol JORR II.

"Satu e-toll untuk bertransaksi ketika tapping di gerbang tol masuk dan menggunakan e-toll yang sama juga untuk tapping di gerbang tol keluar," tandas Irra.

Baca juga: Warga Jawa Barat Diminta Mudik Lebih Awal, Ini Sebabnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+