Rombak Jajaran Direksi, Erick Thohir Angkat Damar Latri Setiawan Jadi Bos Pegadaian

Kompas.com - 25/04/2022, 19:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir dan Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Sunarso selaku pemegang saham merombak susunan direksi dan dewan komisaris PT Pegadaian.

Mengutip keterangan resmi Pegadaian, Senin (25/4/2022), melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Pegadaian,

Damar Latri Setiawan ditunjuk sebagai Direktur Utama. Ia menggantikan Kuswiyoto yang menduduki posisi itu selama periode 2019-2022.

Baca juga: Transaksi di Pegadaian Meningkat Jelang Lebaran, 95 Persen Barang yang Digadai Berupa Emas

Sebelumnya Damar merupakan Direktur Jaringan, Operasi, dan Penjualan Pegadaian, maka posisi yang ditinggalkannya itu menjadi diisi oleh Eka Pebriansyah. Sementara itu, Elvi Rofiqotul Hidayah ditunjuk menjadi Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk, menggantikan Harianto Widodo yang telah habis masa tugasnya.

Perubahan susunan Direksi PT Pegadaian tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara dan Direktur Utama Perusahaan Perseroan (Persero) PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk. Selaku Para Pemegang Saham PT Pegadaian Nomor : SK-104/MBU/04/2022 Tanggal 25 April 2022 dan Nomor : 0013-DIR/HCB/04/2022 Tanggal 25 April 2022 Tentang Pemberhentian, Perubahan Nomenklatur Jabatan, Pengalihan Tugas, dan Pengangkatan Anggota-anggota Direksi PT Pegadaian

Tak hanya itu, RUPS juga menerbitkan Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara dan Direktur Utama Perusahaan Perseroan (Persero) PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk. Selaku Para Pemegang Saham PT Pegadaian Nomor : SK-105/MBU/04/2022 Tanggal 25 April 2022 dan Nomor : 0014-DIR/HCB/04/2022 Tanggal 25 April 2022 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-anggota Dewan Komisaris PT Pegadaian.

Dalam keputusan itu, RUPS memberhentikan dengan hormat Otok Kuswandaru sebagai Komisaris dan Muhammad Sulhan Fauzi sebagai Komisaris Independen. Selanjutnya mengangkat kembali Umiyatun Hayati Triastuti sebagai Komisaris, serta Nezar Patria dan Yudi Priambodo P. sebagai Komisaris Independen.

Maka dengan perubahaan pengurus perseroan dan nomenlakturnya, susunan Fireksi dan Komisaris Pegadaian menjadi sebagai berikut:

Baca juga: Mau Gadai BPKB Motor di Pegadaian? Simak Tata Cara dan Syaratnya

Direksi Pegadaian

  • Direktur Utama : Damar Latri Setiawan
  • Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk : Elvi Rofiqotul Hidayah
  • Direktur Jaringan, Operasi, dan Penjualan : Eka Pebriansyah
  • Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko : Ferdian Timur Satyagraha
  • Direktur Teknologi Informasi dan Digital : Teguh Wahyono
  • Direktur Human Capital, Legal, and Compliance : Ridwan Arbiansyah
  • Direktur Umum : Gunawan Sulistyo

Komisaris Pegadaian

  • Komisaris Utama : Loto Srinaita Ginting
  • Komisaris : Umiyatun Hayati Triastuti
  • Komisaris : Sudarto
  • Komisaris : Rini Widyantini
  • Komisaris Independen : Makmur Keliat
  • Komisaris Independen : Nezar Patria
  • Komisaris Independen : Yudi Priambodo P.


Baca juga: Pesan Erick Thohir ke Srikandi BUMN: Perempuan Jangan Takut Bicara Saat Merasa Tak Nyaman

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.