Indonesian Insight Kompas
Kelindan arsip, data, analisis, dan peristiwa

Arsip Kompas berkelindan dengan olah data, analisis, dan atau peristiwa kenyataan hari ini membangun sebuah cerita. Masa lalu dan masa kini tak pernah benar-benar terputus. Ikhtiar Kompas.com menyongsong masa depan berbekal catatan hingga hari ini, termasuk dari kekayaan Arsip Kompas.

Elon Musk Beli Twitter Rp 634 T dan Janji Surga Kebebasan Bersuara

Kompas.com - 26/04/2022, 06:54 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

ELON Musk yang pada 2022 dinobatkan Forbes sebagai orang terkaya sedunia, mencapai kesepakatan pembelian Twitter, Senin (25/4/2022) waktu San Fransisco, Amerika Serikat.

Musk membeli Twitter di harga 44 miliar dollar AS, setara lebih dari Rp 634 triliun menggunakan kurs hari ini.

Semula, Musk berencana membeli 9,2 persen saham Twitter. Namun, belakangan dia menawarkan pembelian keseluruhan Twitter.

Padahal, dengan 9,2 persen saham saja, Musk sudah menjadi pemilik terbesar saham Twitter, melampaui co-founder dan mantan CEO Twitter, Jack Dorsey. 

Musk menjanjikan platform media sosial berpengikut lebih dari 200 juta orang ini memenuhi potensinya sebagai wadah kebebasan berbicara. Pelonggaran aturan menjadi bagian dari rencananya ini.

Janji Musk dalam pernyataan bersama Twitter, fitur-fitur baru akan hadir dan menjadikan Twitter lebih baik. Ini termasuk menyingkirkan akun spam otomatis dan menghadirkan algoritma terbuka, demi menggaet kepercayaan publik. 

Baca juga: Resmi, Elon Musk Beli Twitter Rp 634 Triliun

"Kebebasan berbicara adalah landasan bagi demokrasi yang berfungsi, dan Twitter adalah alun-alun kota digital, tempat hal-hal penting bagi masa depan kemanusiaan diperdebatkan," ujar dia, Senin, sebagaimana dilansir Assosiated Press (AP).

Dua pekan lalu, untuk kali pertama Musk mengungkapkan minat membeli 9 persen saham Twitter. Saat itu, dia menyebut telah mengalokasikan 46,5 miliar dollar AS untuk proposal penawaran itu. 

Twitter menyatakan pembelian Musk telah disetujui dengan suara bulat oleh dewan direksi. Diperkirakan, penyelesaian transaksi rampung pada pengujung 2022.

Begitu kabar ini bergaung, saham Twitter melonjak dan ditutup naik lebih dari 5 persen pada Senin, menjadi 51,7 dollar AS per lembar. Sebelumnya, Musk pada Kamis (14/4/2022) menyatakan akan membeli saham Twitter seharga 54,2 dollar AS per lembar.

Meski demikian, lonjakan harga saham Twitter ini belum menyentuh level tertingginya senilai 77 dollar AS yang pernah tercatat pada Februari 2021.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.