Airlangga: PPKM Diperpanjang hingga 9 Mei, 39 Wilayah Luar Jawa-Bali Level 3

Kompas.com - 26/04/2022, 09:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah kembali memperpanjang masa PPKM untuk 14 hari ke depan, yaitu dari 26 April sampai 9 Mei 2022.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, perpanjangan dilakukan meskipun transmisi komunitas terjaga rendah.

“Pemerintah memutuskan memperpanjang PPKM untuk periode waktu pelaksanaan 14 hari ke depan yaitu dari 26 April sampai 9 Mei 2022,” ujar Airlangga dalam siaran pers, Selasa (26/4/2022).

Airlangga menuturkan, kriteria penerapan level PPKM di luar Jawa-Bali berdasarkan level situasi pandemi Covid-19. Level tersebut memperhitungkan transmisi komunitas yaitu jumlah kasus, kematian, rawat inap, serta kapasitas respon (Testing, Tracing, Treatment/BOR).

Baca juga: Simak Aturan Halalbihalal Lebaran 2022

Lalu, juga dilihat berdasarkan tingkat vaksinasi di masing-masing daerah. Akselerasi vaksin dosis 2 harus minimal 45 persen, dan vaksinasi lansia dosis-1 minimal 60 persen.

"Kabupaten/Kota yang tidak memenuhi ambang batas akan dinaikkan satu level PPKM-nya, dengan pengecualian bagi Kabupaten/Kota dengan jumlah penduduk kurang dari 200.000 orang dan memiliki kasus konfirmasi kurang dari 2 kasus per 100.000 penduduk," ucap Airlangga.

Sementara itu berdasarkan evaluasi per 23 April 2022, transmisi komunitas terus terjaga rendah di level 1, dengan TK kasus konfirmasi dan tingkat kematian pada 27 Provinsi di luar Jawa-Bali berada di Level 1.

Namun, masih ada 14 Provinsi yang memiliki kapasitas respon terbatas akibat testing dan tracing yang terbatas pula. Sementara 10 provinsi laiknya dikategorikan sedang dan 3 provinsi memadai.

Sementara itu, hasil evaluasi pada 386 kabupaten/kota di luar Jawa-Bali menunjukkan tidak ada wilayah yang masuk level 4. Adapun jumlah kabupaten/kota di level 3 dan 2 menurun, diikuti dengan jumlah kabupaten/kota level 1 meningkat.

Rinciannya, wilayah level 3 menjadi 2 kabupaten/kota, wilayah level 2 menjadi 241 kabupaten/kota, dan level 1 meningkat jadi 143 kabupaten/kota (Minggu sebelumnya 103 Kabupaten/Kota).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.