Pelebaran Jalan Selesai, Tol Jakarta-Cikampek Dapat Dilalui Pemudik

Kompas.com - 26/04/2022, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk telah merampungkan pelebaran jalan tol Jakarta-Cikampek kilometer 62 Dawuan sampai kilometer 50 Karawang Timur arah Jakarta.

Corporate Communication dan Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, proyek pelebaran jalan ini sudah dirampungkan sejak Kamis (21/4/2022) atau H-12 Lebaran.

Hal ini sesuai dengan arahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang menargetkan pelebaran jalan selesai H-10 Lebaran.

Baca juga: Jasa Marga Targetkan Pelebaran Tol Jakarta-Cikampek Jadi 4 Jalur Rampung H-10

"Sudah (rampung). Sudah open traffic sejak Kamis malam minggu lalu ya," ujarnya kepada Kompas.com, Senin (25/4/2022).

Dengan demikian, ruas tersebut siap digunakan pemudik agar kelancaran arus mudik dan arus balik Lebaran 2022 lancar.

Pasalnya, pekerjaan pelebaran jalan yang semua tiga lajur menjadi empat lajur merupakan upaya Jasa Marga untuk meningkatkan kapasitas jalan tol Jakarta-Cikampek.

Jasa Marga mencatat lalu lintas harian rata-rata di jalan tol Jakarta-Cikampek sebanyak 442.087 kendaraan selama Kuartal I 2022. Angka ini meningkat 8,33 persen dibandingkan Kuartal I 2021.

Dikutip dari laman Instagram Jasa Marga @official.jasamarga, pelebaran jalan ini sudah mulai difungsionalkan sejak Sabtu (23/4/2022) dini hari.

Adapun pelebaran jalan Tol Jakarta-Cikampek ini dapat mengurangi potensi kepadatan di Simpang Susun Dawuan kilometer 67 yang merupakan lokasi pertemuan dua arus lalu lintas besar dari Bandung dan Transjawa menuju Jakarta.

Baca juga: Jadwal One Way dan Ganjil Genap Mudik 2022 di Tol Trans Jawa

Dengan adanya pelebaran jalan ini, diharapkan dapat meningkatkan jumlah kapasitas lajur, untuk menampung kendaraan yang melintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang memiliki pertumbuhan volume kendaraan signifikan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.