Jelang Lebaran 2022, Traveloka Catat Kenaikan 100 Persen dari Penjualan Tiket Pesawat

Kompas.com - 26/04/2022, 11:20 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu perusahaan Online Travel Agent (OTA) Traveloka mencatatkan kenaikan 100 persen pada penjualan tiket pesawat untuk menjelang libur Lebaran 2022.

Iko Putera, CEO Transport, Traveloka mengatakan, awal tahun ini terlihat tren perjalanan sudah mulai bangkit. Hal ini dimulai dengan tradisi mudik Lebaran yang akhirnya bisa kembali dijalankan di tahun ini.

“Berdasarkan data internal kami, terlihat bahwa jumlah pemesanan tiket pesawat sejak H-14 libur Lebaran (naik) mencapai 100 peren jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2019 (sebelum pandemi),” kata Iko Putera, CEO Transport, Traveloka melalui siaran pers, Selasa (26/4/2022).

Baca juga: Cerita Kartini Zaman Now Hayyu Luthfi Jadi Data Analyst Traveloka: Kini Bidang IT Bukan Hanya untuk Laki-laki...

Dia bilang, antusiasme masyarakat yang tinggi untuk mudik juga terlihat dari meningkatnya pemesanan moda transportasi di aplikasi lifestyle superapp Traveloka.

Sebelumnya, data Litbang Kementerian Perhubungan, juga memprediksi 85 juta penduduk Indonesia akan melakukan perjalanan mudik pada Hari Raya Idul Fitri 2022 nanti.

“Selama dua minggu pertama bulan April, pemesanan tiket moda transportasi darat dan udara di aplikasi Traveloka mengalami peningkatan sebesar 62 persen dibandingkan dua bulan sebelumnya ketika pemerintah belum mengumumkan kebijakan untuk membolehkan mudik,” jelas dia.

Baca juga: Traveloka Gandeng Bank Jago Salurkan Kredit Lewat Traveloka PayLater

Dengan adanya perubahan perilaku sejak pandemi dan peningkatan pemesanan menjelang tanggal keberangkatan, Iko memperkirakan jumlah pemudik di tahun ini bisa mencapai 112 persen jika dibandingkan dengan tahun 2019.

“Kami juga mencatat rute perjalanan udara yang paling banyak dipilih konsumen untuk mudik tahun ini adalah dari Jakarta menuju Medan, Surabaya, Padang, Denpasar, dan Pekanbaru,” tegas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.