Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ASDP Akan Beri Diskon Tarif untuk Pemudik yang Menyeberang Pelabuhan Merak Siang Hari

Kompas.com - 26/04/2022, 13:03 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) akan memberikan diskon tarif bagi pemudik yang menyeberang pelabuhan Merak di siang hari pada periode arus puncak mudik Lebaran 2022.

Humas ASDP Indonesia Ferry, Ellen Piri mengatakan, saat ini pihaknya masih menyusun skema ketentuan pemberian diskon tarif ini.

"Masih digodok skemanya," ujar Ellen saat dihubungi Kompas.com, Selasa (26/4/2022).

Setelah skema pemberian diskon ini sudah diselesaikan, ASDP juga masih memerlukan persetujuan dari regulator atau dalam hal ini Kementerian Perhubungan untuk kemudian bisa diberlakukan.

"Belum (berlaku), masih belum final, persetujuan kan dari regulator. Sampai tadi malam masih dimeetingkan, rencana hari ini lanjut lagi," ucapnya.

Baca juga: ASDP Catat Kenaikan Penumpang di Pelabuhan Merak Sebesar 33 Persen

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau pemudik yang ingin menyebrang di Pelabuhan Merak untuk berangkat di siang hari.

Salah satu cara untuk membujuk pemudik agar berangkat di siang hari adalah dengan memberikan diskon tarif kendaraan penyebrangan.

"Kami juga mengimbau bagi mereka yang akan berangkat dari Merak ke Bakauheni lakukan lebih awal dan gunakan waktu siang hari, karena ASDP akan berikan diskon," ujarnya di Gedung Kemenhub, Jakarta, Senin (26/7/2022).

Baca juga: Ini Alasan Pemudik Pilih Perjalanan Malam untuk Menyeberang ke Sumatera

Pasalnya, berkaca dari mudik Lebaran tahun sebelumnya, pergerakan pemudik dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni cenderung dimulai malam hari.

"Padahal siang itu lebih lega lebih terang pengamanan ada," kata dia.

Diskon tarif ini pernah diberlakukan ASDP pada periode mudik Lebaran 2019. Pada saat itu diskon tarif diberikan sebesar 10 persen untuk pemudik kendaraan pribadi non-eksekutif.

Kemudian untuk kendaraan yang menyebrang di malam hari justru akan dikenakan kenaikan tarif sebesar 10 persen untuk mencegah kepadatan di malam hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com