Tol Jakarta-Cikampek Bakal Padat, Pemerintah Imbau Pemudik Manfaatkan Jalur Pantura dan Pansela

Kompas.com - 27/04/2022, 05:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memprediksi Tol Jakarta-Cikampek akan mengalami kepadatan di hari puncak mudik, yaitu di H-4 atau 28 April 2022.

Oleh karena itu, pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi diimbau untuk melakukan perjalanan mudik lebih awal atau memanfaatkan jalur pantai utara Jawa (Pantura) dan jalur pantai selatan Jawa (Pansela).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, beberapa hari terakhir pergerakan kendaraan di Jabodetabek naik 5 persen. Sementara kendaraan yang mengarah ke timur seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur sudah naik sekitar 11 persen.

"Kami mengapresiasi masyarakat yang sudah mengikuti anjuran pemerintah untuk mudik lebih awal," ujar Budi dalam keterangannya, Selasa (26/4/2022).

Baca juga: Ini Produk Sawit yang Dilarang Diekspor oleh Jokowi

Dia menjelaskan, untuk mengendalikan pergerakan lalu lintas, sudah disiapkan 4 skema rekayasa lalu lintas, yakni contra flow, one way, ganjil genap, dan pembatasan truk sumbu tiga

Pasalnya, tata kelola lalu lintas menjadi salah satu upaya pemerintah untuk menyukseskan penyelenggaraan mudik tahun ini. Adapun animo masyarakat yang akan mudik sangat tinggi, bahkan diprediksi melebihi jumlah pemudik pada tahun 2019 sebelum pandemi Covid-19.

"Rekayasa lalu lintas ganjil genap dan one way akan diberlakukan di tanggal 28-30 April 2022. Untuk itu, yang mau mudik ke Jateng dan Jatim agar secepatnya mudik sehingga tidak membebani jalan di hari puncak," ucapnya.

Baca juga: INFA Siapkan 53 Kapal Ferry untuk Layani Puncak Arus Mudik Lebaran 2022

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengimbau pemudik untuk menggunakan beberapa jalur alternatif selain jalan tol. Pihaknya telah menyiapkan sejumlah pos pelayanan disejumlah titik yang bisa dimanfaatkan oleh pemudik untuk beristirahat sejenak.

"Kami akan menerapkan sejumlah rekayasa lalu lintas, namun kami tetap mengimbau masyarakat untuk mudik lebih awal guna menghindari kepadatan di hari puncak,” kata Listyo.

Pada kesempatan yang sama, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pemudik dapat menggunakan jalur selatan Jawa, melewati Subang, Garut, Pangandaran, Sukabumi, sampai pacitan.

“Kondisi jalan bagus dan instagramable,” kata Basuki.

Baca juga: Jadwal dan Lokasi Penerapan Ganjil Genap Saat Arus Mudik Lebaran

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.