Kementerian PUPR Pastikan Jalan Tol Bakauheni-Palembang Sudah Siap Dilalui Pemudik

Kompas.com - 27/04/2022, 07:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan kesiapan jalan bagi pemudik yang menyeberang lewat Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni selama periode mudik Lebaran 2022.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, perbaikan Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar–Pematang Panggang–Kayu Agung hingga Kramasan-Palembang sepanjang 376 kilometer (km), sudah selesai dan siap dilalui pemudik.

"Untuk ruas Bakauheni-Terbanggi Besar sudah aman dan nyaman, bisa dilalui dengan kecepatan hingga 100 km per jam," ujar Basuki dalam keterangannya, Selasa (26/4/2022).

Baca juga: Harga Saham ADRO dan MDKA Topang Peningkatan Asset Value Saratoga

Namun, pemudik perlu berhati-hati saat melewati jalan Terbanggi Besar-Kayu Agung hingga Palembang, usahakan kecepatan kendaraan maksimal di 80 km per jam.

Sebab, meskipun sudah aman dan tidak berlubang tapi masih kurang nyaman untuk dilalui karena masih ada beberapa ruas yang akan direkonstruksi setelah Lebaran 2022.

Sementara, untuk perbaikan Jalan Nasional Lintas Timur (Jalintim) di Sumatera Selatan, dia memastikan sudah selesai pengerjaannya dan siap dilalui pemudik.

"Untuk perbaikan 150 lubang yang ada sekarang sudah selesai," kata dia.

Menteri PUPR bersama Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menko PMK Muhadjir Efendi meninjau arus mudik Lebaran 2022 di Pelabuhan Merak

Baca juga: Wall Street Ditutup Merah, Saham–saham Teknologi Rontok

Dalam tinjauan tersebut Menteri Basuki mengapresiasi semua persiapan pengaturan manajemen lalu lintas yang telah dilakukan Kepolisian dan Kementerian Perhubungan untuk arus mudik Lebaran tahun 2022.

Dia juga meninjau sejumlah titik di antaranya Pos Terpadu Ops Ketupat Tahun 2022 Pelabuhan Merak, posko vaksin, Terminal Terpadu Merak, dan Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak.

Selain melihat kondisi arus mudik dan pelayanan terhadap pemudik, pada kesempatan itu Kapolri bersama rombongan menteri juga memastikan kesiapan jajaran Polri dari Polda hingga jajaran di bawah dalam menyambut arus mudik.

Baca juga: Wall Street Ditutup Merah, Saham–saham Teknologi Rontok

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.