Nasabah Tagih Skema Pembayaran, WanaArta Life Masih Tunggu Investor Sambil Cicil Polis

Kompas.com - 27/04/2022, 12:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanartha (Wanaartha Life) memasuki babak baru. Teranyar, perusahaan asuransi ini dikabarkan mulai membayar kewajiban kepada para pemegang polis.

Direktur Operasional Wanaartha Life Ari Prihadi mengatakan, pembayaran telah dimulai pada April 2022 dengan fokus diberikan berdasarkan alasan kemanusiaan.

"Yaitu kepada nasabah yang sangat memerlukan karena adanya kematian, keperluan untuk berobat, entah pemegang polis atau spouse," kata dia kepada Kompas.com, Senin (25/4/2022).

Baca juga: Nasabah WanaArtha Life Tagih Janji Skema Pembayaran

Ia menjelaskan, adapun proses pengajuan pembayaran ini dilakukan dengan pengajuan tertulis kepada komite.

Kemudian, komite akan memberikan pertimbangan dan membuat usulan ke direksi. Dari sana, direksi yang akan mempertimbangkan pengajuan pembayaran dengan melihat kondisi keuangan (cash flow) Wanaartha Life sebelum memutuskan.

WanaArtha Life dikabarkan telah membayarkan kewajiban dengan prioritas kemanusiaan kepada 9 nasabah senilai Rp 174 juta.

Selain itu, dalam upaya memenuhi kewajiban kepada nasabah, WanaArtha Life juga dibayangi masalah penyitaan aset.

Baca juga: Daftar Kuota Haji Tahun 2022 Per Provinsi

Berdasarkan penuturan Ari, saat ini aset Wanaartha Life disita karena ada sinyal memiliki keterlibatan dengan kasus Jiwasraya. Adapun diketahui jumlah aset yang disita sebanyak Rp 2,7 triliun.

Meskipun telah mengantongi kemenangan di pengadilan, tetapi dana tersebut tidak kunjung dicairkan. Ari bilang, hal ini menjadi kendala utama dalam penyelesaian masalah ini, termasuk dalam mencari investor baru.

Menanggapi hal tersebut, konsultan penyehatan WanaArtha Life Kukuh K. Hadiwidjojo dari HWMA Law Firm mengatakan, saat ini ada lebih dari satu investor luar negeri yang telah melakukan pendekatan dengan Wanaartha Life.

Baca juga: Saat Perubahan Sikap Elon Musk Bikin Luhut Penasaran...

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.