Posko Mudik BPJS Kesehatan Beri Layanan Gratis ke Pemudik, dari Pijat hingga Cek Kesehatan

Kompas.com - 27/04/2022, 20:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - BPJS Kesehatan menghadirkan Posko Mudik di tujuh titik padat pemudik. Ketujuh titik tersebut berada di Terminal Pulogebang Jakarta, Rest Area Tol Cikampek Km 57, Rest Area tol Ungaran Km 429, Terminal Purabaya Sidoarjo, Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar, Rest Area Banjaratma Km 260B Brebes, dan Rest Area Cipali Km 164B Majalengka.

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti mengatakan, Posko Mudik BPJS Kesehatan hadir mulai 26 April-1 Mei 2022, serta tersedia pula selama arus balik mulai 4-8 Mei 2022.

Di posko, pemudik bisa mendapatkan layanan berupa konsultasi kesehatan, pijat relaksasi, pemeriksaan kesehatan, penyediaan obat-obatan, pemberian tindakan sederhana yang bersifat emergency dan pemberian rujukan bila diperlukan.

Baca juga: Dukung Kelancaran Arus Mudik 2022, Subholding Gas Pertamina Salurkan Gaslink di Rest Area Km 72A

Selain itu, terdapat ambulans yang bisa digunakan untuk mengantar pemudik ke rumah sakit apabila harus segera mendapatkan pelayanan lebih lanjut.

"Untuk mendukung kelancaran, keamanan, dan kenyamanan pemudik, kami menghadirkan beragam layanan di Posko Mudik BPJS Kesehatan, tentu dengan tetap mengedepankan standar protokol kesehatan. Seluruh pelayanan dan fasilitas di Posko Mudik BPJS Kesehatan ini bisa dinikmati secara gratis, sehingga pemudik tak perlu sungkan memanfaatkannya," katanya melalui keterangan tertulis, Rabu (27/4/2022).

Baca juga: Sambut Mudik Lebaran 2022, Kemenparekraf Siapkan 15 Posko Mudik

Posko mudik BPJS Kesehatan ini akan beroperasi selama 24 jam dan terbagi atas tiga tim yang bertugas secara bergantian setiap 8 jam. Masing-masing tim tersebut terdiri atas dua orang petugas BPJS Kesehatan, satu orang dokter, dua orang paramedis, dan satu pengemudi ambulans.

Selain itu, pihaknya juga menggencarkan sosialisasi dan edukasi kepada pemudik untuk memanfaatkan berbagai kanal digital yang disediakan BPJS Kesehatan untuk memudahkan urusan administratif.

Misalnya aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 165, Chat Assistant JKN (CHIKA), dan Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) Terintegrasi di nomor 08118165165.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.