Antisipasi Kepadatan di Stasiun, Menhub Imbau Pemudik Perhatikan Jadwal Keberangkatan Kereta Api

Kompas.com - 28/04/2022, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melihat pergerakan penumpang kereta api sudah mulai meningkat di Stasiun Senen karena penjualan tiket kereta ke berbagai daerah tujuan mudik sudah mendekati 100 persen.

Oleh karenanya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau penumpang kereta api untuk memperhatikan jadwal keberangkatan. Hal ini agar tidak terlalu lama menunggu yang mengakibatkan terjadi penumpukan penumpang di stasiun kereta api.

“Kalau jadwal keberangkatannya siang, datangnya siang. Kalau jadwalnya malam, datang ke stasiunnya malam, jangan dari siang,” ujar Budi dalam keterangannya, Rabu (27/4/2022).

Baca juga: Cek Lagi Syarat Naik Kereta Api Mudik Lebaran 2022

Untuk mendukung kelancaran arus mudik lebaran 2022, Kemenhub bersama pemangku kepentingan lainnya terus berkoordinasi dengan cermat dalam menyiapkan perhelatan mudik Lebaran tahun ini.

"Persiapan mudik tahun ini kami lakukan secara cermat dan hati-hati sehingga menciptakan kegembiraan buat masyarakat yang akan mudik. Kami terus berupaya memberikan informasi kepada masyarakat tentang persiapan dan imbauan mudik yang aman dan sehat,” ucapnya.

Dia menyebutkan, terdapat 28 kereta api yang beroperasi di Stasiun Pasar Senen, di mana dua di antaranya merupakan kereta api tambahan.

Volume penumpang berangkat di Stasiun Pasar Senen sebanyak 17.400 orang atau 85 persen dari total tempat duduk yang tersedia sebanyak 20.500 kursi.

Baca juga: Hingga H-6 Lebaran, 1,5 Juta Tiket Kereta Api Jarak Jauh Ludes Terjual

Sementara, di Stasiun Gambir terdapat 33 kereta api beroperasi, dari jumlah tersebut 8 di antaranya merupakan KA tambahan. Adapun volume penumpang berangkat sebanyak 13.800 orang atau 95 persen dari total tempat duduk yang tersedia sebanyak 14.500 kursi.

Sampai dengan Rabu kemarin, pemesanan tiket kereta api jarak jauh untuk keberangkatan 22 April sampai 1 Mei 2022 sudah mencapai 86 persen dari total tiket yang disediakan sebanyak 362.200 tiket untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Cikarang, Karawang, Cikampek, Jakartakota.

Kemudian, untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir telah terjual 161.200 tiket dan Stasiun Pasar Senen 200.900 tiket.

Sementara, tanggal keberangkatan yang paling banyak dipilih masyarakat yaitu 27, 28, 29, 30 April dan 1 Mei dengan relasi mayoritas tujuan Yogyakarta, Solo Kutoarjo, Purwokerto, Kebumen, Semarang, Surabaya, Malang, Cirebon dan Bandung.

Baca juga: KAI Ajak Masyarakat Mudik Naik Kereta Api Lebih Awal, Ini Alasannya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.