Tol Getaci Sepanjang 206 Km Dibangun Akhir 2022, Bakal Jadi Tol Terpanjang di Indonesia

Kompas.com - 28/04/2022, 13:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci) ditargetkan mulai dilakukan pada akhir tahun ini. Tol ini memiliki panjang 206,65 kilometer, yang menjadikan sebagai ruas jalan tol terpanjang di Indonesia.

Direktur Pengembangan Usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk Agus Setiawan mengatakan, pihaknya sudah melakukan penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) untuk Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap. Kini proyek tersebut sedang dalam tahap penyiapan rencana teknik akhir.

"Saat ini masih proses untuk penyiapan rencana teknik akhir dan kontruksinya kami rencanakan pada akhir 2022 atau awal 2023. Ini masih banyak yang harus disiapkan," ujarnya dalam konferensi pers, Rabu (27/4/2022).

Baca juga: Pembangunan Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap, Kandidat Tol Terpanjang di Indonesia, Dimulai Akhir 2022

Ia menjelaskan, pembangunan tol akan dilakukan secara bertahap guna membantu Jasa Marga fokus pada saat konstruksi dan mencari pembiayaan. Adapun untuk tahap pertama pembangunan akan dimulai dengan ruas Tol Gedebage hingga Tasikmalaya.

"Panjangnya memang 206 kilometer sampai Cilacap, tapi sesuai PPJT-nya dilakukan pentahapan. Ini penting karena pentahapan akan menfokuskan kami saat mengkontruksi dan saat penyediaan untuk pembiayaan," jelas Agus.

Baca juga: Akan Ada Tol Getaci, Pemkot Bandung Rencanakan Pelebaran Jalan Gedebage Selatan

Pembiayaan tol

Seiring dilakukan persiapan secara teknis untuk pembangunan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap, lanjutnya, Jasa Marga juga mulai melakukan pembahasan dengan perbankan untuk mendapatkan pembiayaan. Ia bilang, pada umumnya pembiayaan jalan tol sebagian besar memang berasal dari perbankan.

"Kami akan mulai pembahasan dengan perbankan untuk mendapatkan pembiayaan. Sebagaimana diketahui kalau pembiayaan jalan tol 30 persen dari para pemegang saham dan 70 persennya dari pembiayaan yang diberikan oleh perbankan," katanya.

Baca juga: Kementerian PUPR Pastikan Jalan Tol Bakauheni-Palembang Sudah Siap Dilalui Pemudik

Profil tol Getaci

Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN). Tol ini melintasi dua provinsi yaitu Provinsi Jawa Barat sepanjang 171,40 kilometer dan Provinsi Jawa Tengah sepanjang 35,25 kilometer dengan total panjang 206,65 kilometer.

Tol tersebut terdiri dari 4 seksi yakni Seksi 1 Junction Gedebage-Garut Utara sepanjang 45,20 kilometer, seksi 2 Garut Utara-Tasikmalaya sepanjang 50,32 kilometer, seksi 3 Tasikmalaya-Patimuan sepanjang 76,78 kilometer, dan seksi 4 Patimuan-Cilacap sepanjang 34,35 kilometer.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.